Ditandai Sebagai Bot, Cek Reputasi IP Address Anda Segera !

Ditandai Sebagai Bot, Cek Reputasi IP Address Anda Segera !

Pernahkah Anda tiba-tiba tidak dapat mengakses sebuah website atau setiap kali Anda hendak mengakses situs tertentu, sebut saja google.com, Anda selalu dihadapkan pada sebuah halaman Captcha yang membuat Anda harus memverifikasi diri Anda berulang-ulang bahwa Anda bukanlah bot ? Apabila Anda mengalami hal ini, maka bisa saja IP Address yang Anda gunakan dianggap ‘kotor’ atau memiliki reputasi IP yang buruk.

Mengapa hal ini bisa terjadi ?

Perhatikan Skema di bawah ini :

Seperti yang ditampilkan pada skema di atas, ketika pengguna hendak mengakses sebuah web server, sistem dari situs tersebut secara otomatis akan mengecek IP Address yang digunakan user untuk memastikan IP tersebut memiliki reputasi yang baik atau buruk. Pengecekkan ini akan dilakukan dengan mencocokkan data dari Black List yang dimiliki provider yang bisa diambil dari beberapa sumber penyedia data reputasi IP seperti misalnya :

  • Projecthoneypot.org
  • Hetrixtools.com
  • b.baracudacentral.org
  • Zen.spamhaus.org

Apabila reputasi IP dinilai buruk maka pengguna akan diminta melakukan verifikasi dengan Captcha setiap kali ingin mengakses laman web tertentu atau bahkan tidak dapat mengakses situs tersebut sama sekali, tergantung policy yang dimiliki masing-masing web server.

Sebuah IP dianggap memiliki reputasi yang buruk apabila IP tersebutdicurigai pernah digunakan untuk spamming, membuat virus atau malware, dan atau membuat traffic brute force (melakukan paksaan untuk membobol akun pada website dengan generate username dan password secara random)

Nah, jika Anda merasa tidak pernah melakukan hal-hal yang dapat mengakibatkan reputasi IP Anda buruk, namun Anda masih dihadapkan dengan captcha atau kesulitan dalam mengakses web-web tertentu, maka bisa jadi perangkat Anda sudah terjangkit virus atau malware. Virus yang ada pada perangkat atau network Anda ini kemudian dapat mengakibatkan IP tersebut mengirimkan spam, melakukan brute force, mengirimkan paket DDOS dan sebagainya tanpa Anda sadari.

Bagaimana Menanganinya ?

Untuk mencegahnya, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan :

  • Scanning PC dan network apakah ada virus, usahakan selalu mengaktifkan software Anti-virus yang terupdate pada perangkat Anda
  • Mengecek apakah ada prosedur networking yang dapat menyebabkan flooding (contoh : kesalahan konfigurasi routing, dl)

Apabila perangkat Anda sudah terlajur masuk pada list Blacklist, maka berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan :

  1. Bersihkan perangkat dari virus dengan software Antivirus yang Anda miliki.
  2. Request kepada provider yang Anda gunakan untuk memasukkan IP Anda pada White List, biasanya provider tersebut memiliki cara dan algoritma sendiri yang digunakan untuk memverifikasi permintaan Anda dan memastikan IP Anda benar-benar bersih.
  3. Tunggu beberapa waktu, setiap provider memiliki jangka waktunya sendiri, dan apabila IP Anda benar-benar terdeteksi bersih, maka IP Anda akan dengan sendirinya keluar dari Black List tersebut.

Semoga Bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *