4 Alasan Pentingnya Menggunakan Media Sosial untuk Bisnis

Tren marketing akan selalu berubah mengikuti perkembangan teknologi. Marketing channel yang dapat  dimanfaatkan pemilik bisnis akan lebih  banyak dan bervariasi. Salah satunya adalah peluang besar melakukan kegiatan marketing melalui media sosial.

Suatu hal wajib bagi pemilik bisnis saat ini untuk menggunakan media sosial sebagai kanal marketing. Apalagi pangsa pasar bisnis Anda adalah pasar domestik. Mengingat masyarakat Indonesia sangat aktif di jejaring sosial.

4 alasan, mengapa bisnis Anda perlu memanfaatkan media sosial sebagai kanal marketing ?

1. Meningkatkan Popularitas Brand dan Produk

Anda dapat meningkatkan kesadaran konsumen dengan memberikan penawaran atau promo terbaik yang bisa membuat mereka tertarik dan ingin mengetahui lebih detail mengenai produk yang ditawarkan. Apalagi jika media sosial Anda memiliki banyak followers, media sosial akan menjadi cara yang paling ampuh untuk memasarkan bisnis Anda.

Follower Anda masih sedikit ? Ada baiknya Anda menggunakan jasa selebgram atau social media influencer untuk mempromosikan produk Anda. Saat ini brand berbondong-bondong menggunakan influencer marketing karena memberikan sudut pandang lain. Orang lebih peduli terhadap persona, pada konten dibandingkan pada kesempurnaan yang biasa ditawarkan di iklan.

2. Mendapatkan Pelanggan Baru

Media sosial merupakan cara paling efektif untuk mengarahkan calon konsumen ke website Anda. Buat konten yang semenarik mungkin untuk memancing calon pelanggan Anda beralih dari media sosial ke website bisnis Anda. Semakin banyak calon pelanggan yang mengunjungi website Anda, semakin besar pula peluang  terjadi transaksi pembelian disana.

3. Meningkatkan Pengunjung Website dan Peringkat Hasil Pencarian Search Engine

Apa hubungan media sosial dengan hasil pencarian search engine ? Media sosial dapat membantu meningkatkan peringkat di search engine dengan meningkatkan traffic yang mengarah ke website Anda atau yang biasa kita sebut backlink. Jika Informasi yang Anda berikan di media sosial dianggap relevan oleh pengunjung, mereka biasanya akan membagikan kembali informasi tersebut di media sosial mereka sendiri. Dimana hal ini juga membantu dalam meningkatkan traffic ke website bisnis Anda. Apalagi konten yang Anda buat menjadi viral.

4. Menjalin Relasi yang Baik dengan Pelanggan

Media sosial juga bisa berfungsi sebagai media untuk menerima tanggapan dari konsumen. Baik itu tanggapan positif atau negatif.  Anda tetap harus memberikan pelayanan setelah pembelian produk dengan memberikan tanggapan terhadap kritik dan saran yang mereka sampaikan dan memberikan solusi terbaik bagi permasalahan yang mereka hadapi. Dengan baiknya penanganan terhadap konsumen ini, akan tercipta juga relasi yang baik antara Anda dan pelanggan dan juga memungkinkan pelanggan anda mempromosikan produk anda ke orang lain.

Dan saat ini terdapat berbagai macam media sosial yang bisa digunakan untuk bisnis. Beberapa contoh media sosial untuk bisnis diantaranya Facebook, Youtube, Blog, Instagram, Twitter, Snapchat, LINE, Linkedin dan lain sebagainya.

Sekarang tinggal pilih media sosial dan konten yang cocok dengan brand dan target market bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *