Memilih Jenis Layanan VPN yang Tepat untuk Bisnis Anda

VPN atau Virtual Private Network sejak awal memang di kembangkan untuk memfasilitasi perusahaan yang membutuhkan hubungan jarak jauh yang aman antar kantor atau pekerja ke area lokal (LAN) di dalam kantor utama perusahaan. Seiring berjalannya waktu, pengguna internet juga mulai menggunakan VPN untuk keperluan sehari-hari untuk melindungi privasi mereka dengan menyembunyikan alamat IP yang digunakan. Dengan begitu, mereka dapat menyamarkan lokasi mereka ketika mengunduh file torrent secara anonim, mengakses konten yang diiblokir oleh pemerintah dan mengamankan perangkat ketika terhubung dengan WiFi Publik.

Walaupun terkesan mirip, kebanyakan layanan VPN pribadi tidak dapat menampung kebutuhan perusahaan yang notabene berkaitan dengan jaringan yang menyimpan ratusan bahkan ribuan data sensitif dan private serta dengan ukuran file yang besar. Berikut ini adalah beberapa alternatif layanan VPN yang dapat Anda gunakan dalam bisnis Anda :

1. Site – to – Site VPN

Jenis layanan VPN ini memungkinkan adanya koneksi yang aman antar LAN di kantor – kantor yang terletak di banyak lokasi melalui internet seperti misalnya menghubungkan LAN kantor cabang ke jaringan utama di kantor pusat. Dengan begitu, jaringan perusahaan menjadi luas dan sehingga menjadi pilihan menarik bagi bisnis Anda yang sedang mengembangkan cabang ke berbagai wilayah.

Untuk implementasinya, ada 2 metode yang dapat digunakan pada Site-to-site VPN yaitu metode VPN internet dan VPN Multiprotocol Label Switching (MPLS). Yang membedakan hanyalah koneksi yang digunakan dan dimana virtual tunneling di lakukan, apakah pada jaringan perusahaan sendiri atau pada jaringan penyedia layanan VPN.

Ketika memutuskan apakah VPN jenis ini sesuai dengan kebutuhan usaha Anda, maka beberapa faktor yang perlu diperhatikan adalah ukuran bisnis, jumlah lokasi cabang, sebaran geografis (seberapa jauh jarak lokasi dari satu sama lain), dan policy perusahaan terkait distribusi data.

2. Remote Access VPN

Berbeda dengan VPN site-to-site yang menghubungkan antar 2 atau lebih LAN di lokasi yang berbeda, VPN Remote-Access memungkinkan karyawan mengakses LAN perusahaan mereka dari manapun seperti misalnya dari rumah atau sedang bertugas di luar kantor.

Untuk mengatur VPN akses jarak jauh, setiap pengguna memiliki akses ke VPN Client baik dengan menginstal perangkat lunak VPN Client, atau dengan akses berbasis web. Untuk organisasi yang tidak memiliki banyak karyawan, VPN mungkin metode ini lebih efisien untuk digunakan dibandingkan dengan menggunakan VPN site-to-site karena biaya yang dibutuhkan lebih rendah.

3. SD-WAN VPN

SD-WAN (software-defined wide area network) adalah metode VPN yang bersifat lebih dinamis dibandingkan metode Remote РAccess VPN. SD-WAN VPN mempermudah manajemen dan pengoperasian WAN dengan memisahkan hardware jaringan dari mekanisme pengontrolnya (software). Selain itu metode ini juga mampu menampung kebutuhan perusahaan yang telah menggunakan berbagai aplikasi internal yang berbasis cloud.

Keunggulan lainnya, metode ini memiliki kapabilitas multi-path yang menjamin performa layanan mencukupi beban kerja masing-masing lokasi, walaupun infrastruktur internet publik sedang digunakan. Layanan ini cocok untuk bisnis berskala besar.

4. Cloud VPN

Cloud VPN berfungsi untuk memberikan akses VPN kepada karyawan untuk mengakses perusahaan private cloud bisnis melalui internet sekaligus untuk mengamankan dan melindungi data sensitif yang ada di cloud dari pihak luar. Layanan ini cocok digunakan mengingat semakin banyaknya bisnis yang memigrasikan aplikasi bisnis mereka ke cloud, dan karyawan yang semakin bergantung pada perangkat seluler atau laptop untuk mengakses aplikasi ini.

Penyedia layanan cloud pada dasarnya hanya menyediakan infrastruktur jaringan untuk menampung aplikasi dan membuatnya senantiasa daat diakses dari jarak jauh. Namun, biasanya layanan ini tidak dibarengi dengan sistem keamanan untuk perangkat seluler pribadi dan laptop yang digunakan oleh pengguna. Cloud VPN menanggulangi masalah ini dengan memberikan keamanan ketika mengakses cloud dengan perangkat karyawan.

Nah itu tadi adalah beberapa layanan VPN yang dapat digunakan untuk bisnis Anda. Pilihlah layanan VPN yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda agar seluruh kinerja perusahaan bisa berjalan dengan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *