Ingin Tahu Mengapa Membangun Email Server Itu Susah?

Setelah kita membahas banyaknya komponen yang perlu diperhatikan dan dikonfigurasi untuk membangun email server pada artikel sebelumnya, selanjutnya kita akan membahas alasan lain mengapa membangun email server sendiri itu susah.

Setelah email server telah kita buat, selanjutnya kita tidak semata-mata dapat lega dan meninggalkannya begitu saja. Dibutuhkan pemeliharaan yang cukup memakan waktu dan bahkan membutuhkan resource yang cukup banyak bait tenaga dan biaya. Ada beberapa hal yang perlu dipelihara yang mungkin Anda sudah paham seperti misalnya menjaga aturan penyaringan spam dan antivirus Anda, dan menjaga semua komponen server email tetap up-to-date, namun ada beberapa hal lain yang mungkin belum Anda pikirkan.

1. Menghindari Daftar Blacklist
Tantangan lain dalam pemeliharaan email server adalah menjaga server Anda dari berbagai Blacklist, juga dikenal sebagai daftar DNSBL, blocklists, atau blackhole. Daftar ini berisi alamat IP email server yang dilaporkan mengirim spam atau junk mail (atau karena memiliki data DNS yang tidak dikonfigurasi dengan benar). Banyak server email yang berlangganan satu atau beberapa daftar ini, dan mem- filter pesan masuk berdasarkan apakah email server pengirim pesan ada di dalam daftar tersebut. Jika server email Anda terdaftar, pesan yang Anda kirimkan mungkin akan difilter dan dibuang sebelum mencapai penerima yang dituju.

Jika email server Anda masuk dalam daftar blacklist, Anda dapat memperbaikinya dengan menganalisis alasan mengapa email server Anda terdaftar dan menyelesaikan masalahnya. Setelah itu, Anda harus mencari proses penghapusan daftar hitam untuk daftar tertentu dan ikuti langkah berikutnya.

2. Pemecahan masalah yang kompleks dan memakan waktu
Dalam kemajuan teknologi ini email sudah kita anggap sebagai makanan kita sehari-hari dan seringkali kita lupa dan menyepelekan bahwa email merupakan sistem yang kompleks dan rumit. Misalnya, jika pesan terkirim dari sistem namun tidak diterima oleh pengguna yang dituju, kemana Anda akan menyelesaikan masalah ini?

Masalahnya bisa disebabkan oleh salah konfigurasi di salah satu dari begitu banyak komponen email server, seperti outgoing spam filter yang tidak disetel dengan baik, atau disebabkan dari masalah eksternal, seperti berada masuk ke daftar blacklist.

3. Pengamanan Server Email yang harus dilakukan terus menerus
Banyak pesan email yang dikirim ke web tidak terenkripsi. Saat ini, Google melaporkan 78% email yang keluar dari Gmail sudah dienkripsi dan hanya 58% pesan masuk yang terenkripsi.

Untuk memastikan privasi komunikasi Anda, Anda perlu menggunakan teknologi enkripsi dengan protokol dan kode yang tepercaya. Salah satu enkripsi yang banyak digunakan adalah Pretty Good Privacy (PGP). Sayangnya, mengonfigurasikan kode PGP dan menggunakannya sangat sulit dan tidak terjangkau pengguna biasa. Selain itu Anda hanya dapat menggunakan PGP dengan pengguna PGP lainnya yang sangat membatasi dalam penggunaanya sehingga Anda harus mengadopsi berbagai enkripsi lainnya.

Ada juga berbagai masalah keamanan fisik, kehandalan dan redundansi yang mungkin muncul. Misalnya, bagaimana jika ketika Anda bepergian dan listrik padam kemudian email server Anda tidak kembali menyala ? Bagaimana jika ada intervensi dari pihak ketiga yang masuk – apakah disk Anda dienkripsi? Seberapa aman jaringan WiFi Anda ?

D~NET DREAMS hadir menawarkan Solusi.
Setelah Anda memahami betapa kompleks dan rumitnya untuk membangun email server sendiri, D~NET mampu memberikan solusi untuk masalah email Anda. Anda tidak perlu lagi repot memikirkan masalah daftar blacklist, keamanan email, spam dan sebagainya dan Anda dapat menggunakan email dengan nyaman dan mudah dengan D~NET DREAMS. D~NET DREAMS bukan hanya sekedar email server namun sebuah messaging solutions untuk semua kebutuhan komunikasi bisnis Anda. Dilengkapi dengan fitur webmail, live chat dengan tim atau personal, kalender, sistem e-marketing dengan newsletter, blacklist dan whitelist, sender score dan masih banyak lagi.

D~NET DREAMS – Beyond Messaging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *