Perbedaan Sinyal WiFi 2.4 GHz dan 5 GHz

Perbedaan Wifi 2,4 dan 5 GHz

Saat ini keberadaan wifi sudah menjadi kebutuhan wajib di tempat umum seperti, cafe, mall, bandara, taman kota hingga lokasi event.

Pada umumnya sinyal wifi yang ada pada saat ini dibagi menjadi sinyal wifi dengan frekuensi 2.4 GHz dan juga 5 GHz. Meskipun sama-sama WiFi, ternyata ada perbedaan diantara keduanya.

Penasaran apa bedanya? Yuk simak, ini dia perbedaan Wifi 2.4Ghz dan 5Ghz!

Frekuensi WiFi 2.4 GHz

Sinyal frekuensi 2.4 GHz merupakan frekuensi pertama kali yang diperkenalkan untuk jaringan WiFi, frekuensi ini sudah terlalu banyak penggunanya sehingga kadang menyebabkan gangguan interferensi, yang menurunkan performance koneksi jaringan.

Frekuensi WiFi 5 GHz

Sebaliknya, frekuensi 5 GHz adalah teknologi yang lebih baru sebagai jawaban terhadap banyaknya pemakaian frekuensi 2.4 GHz. Tetapi frekuensi yang lebih tinggi ini mempunyai kekurangan di daya cakupan yang lebih pendek. Hal ini disebabkan karena redaman yang terjadi di frekuensi 5 Ghz lebih besar, dibandingkan frekuensi 2.4, sehingga cakupan 5GHz dengan power yang sama dengan 2.4 GHz menjadi lebih kecil. Selain itu saat ini perangkat yang telah mendukung frekuensi ini masih belum sebanyak perangkat yang memakai Frekuensi 2.4 GHz.

Selain itu, untuk kelancaran wifi di lokasi bisnis Anda tidak hanya terpaku pada pilihan jenis sinyal wifi dari perangkat yang Anda punya, selain itu kontur bangunan dan keberadaan sinyal wifi lainnya juga sangat mempengaruhi.

Terlebih lagi, pastikan koneksi internet yang Anda pakai untuk wifi stabil dan lancar.

Jadi seperti itu perbedaan Wifi 2.4Ghz dan 5Ghz. Bagaimana pendapat Anda terkait hal ini, dan cocok pakai yang frekuensi berapa?

Pastikan juga kamu membaca artikel terkait WiFi atau tema menarik lainnya dari D~NET.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *