Apa Saja yang Bisa Dimanfaatkan dari Virtual Private Server (VPS) ?

Fungsi dan Keutamaan VPS (Virtual Private Server)

Mungkin diantara kita masih banyak yang masih menggunakan server fisik dibanding mulai beralih ke VPS (Virtual Private Server) sebagai media penyimpanan file penting perusahaan. Salah satu penyebabnya karena server fisik masih bisa ditempatkan dalam satu lokasi dengan bisnis Anda.

Sama halnya dengan server fisik, VPS memiliki fungsi yang sangat penting dalam mengoptimalkan kinerja bisnis Anda, terutama yang berkecimpung di bisnis berbasis digital.

Nah, setelah sebelumnya kita membahas mengenai 6 Alasan Mengapa VPS Lebih Menguntungkan sebagai server bisnis Anda, pada artikel kali ini kita membagikan hal apa saja yang bisa dimanfaatkan dan diimplementasikan dengan VPS.  Antara lain :

1. Membangun Web Hosting

VPS sangat cocok bagi Anda yang ingin membangun web hosting dengan spesifikasi yang bisa di kustomisasi. Berbeda dengan shared hosting yang mengharuskan berbagi resource dengan website lain, VPS mempunyai resource yang hanya website Anda sendiri yang memakainya. Apalagi jika website Anda membutuhkan resource CPU dan memory yang tinggi namun dengan budget yang terbatas.

2. Membangun Mail Server

Jika Anda menggunakan email di penyedia shared hosting, pasti mengalami terbatasnya kuota pengiriman email untuk setiap user. Dengan VPS, Anda bisa mengatur sendiri jumlah kuota pengiriman email tergantung dengan spesifikasi VPS Anda.

3. Membangun Application Server

Dengan VPS, Anda bisa membangun aplikasi yang membutuhkan instalasi software tertentu. Contohnya untuk VPN, Proxy, Tunnel, SMS Gateway, Online Game, dan masih banyak lagi. Di sini anda harus memperhatikan requirement / kebutuhan aplikasi, apakah sudah bisa dicover VPS atau belum.

4. Menjadikan VPS sebagai Server Backup

Keamanan data menjadi isu yang sangat penting dewasa ini. Mulai dari serangan ransomware, hacker, virus dan yang lainnya. Sehingga kebutuhan untuk backup server sangat dperlukan untuk perlindungan data penting bisnis Anda dari berbagai ancaman risiko. Backup server harus terpisah dengan server utama sehingga bisa mengurangi resiko kehilangan data apabila server utama mengalami kerusakan.

Jadi, sudahkah bisnis Anda menggunakan VPS? Atau Anda bingung memilih provider VPS yang sesuai dengan perusahaan Anda ? Pilihlah penyedia layanan VPS yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda agar seluruh kinerja perusahaan bisa berjalan dengan efisien.

D~NET yang salalu berkomitmen dalam mendukung bisnis Anda saat ini mempunyai solusi terkait kebutuhan layanan cloud. Seperti Cloudware Backup Data, Cloudware Disaster Recovery dan Cloudware VPS. Cloudware VPS menggunakan teknologi terkini dari Odin / Parallels yang memungkinkan anda memiliki VPS dengan ukuran yang bervariasi, mulai dari ukuran yang terkecil sampai dengan kapasitas yang besar tanpa mengesampingkan kestabilan dan keamanan VPS anda.

Anda bisa mengkonsultasikan kebutuhan VPS Anda dengan livechat kami di dnetprovider.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *