5 Tips Jitu Turunkan Unsubscriber Newsletter Bisnismu

Newsletter bisnis tidak hanya dapat digunakan untuk menyapa pelanggan Anda, namun juga bisa berpotensi untuk meningkatkan revenue bisnis Anda dengan memberikan berbagai penawaran dan promosi atau hanya sekedar mengingatkan mereka mengenai produk yang ditinggalkan di keranjang belanja atau wish list. Untuk menilai keberhasilan newsletter, kebanyakan dari Anda mungkin hanya memperhatikan tingkat Click-through Rate (CTR) atau jumlah pembelian yang berhasil dilakukan melalui newsletter yang Anda kirimkan.

Namun, tahukah Anda ? Selain mendapatkan konversi pembelian yang tinggi, keberhasilan newsletter juga perlu diperhatikan dari tingkat unsubscriber dari email list Anda. Pada umumnya, tingkat unsubscriber yang dianggap normal pada sebuah kampanye adalah bawah 0.5%. Jika melebihi, maka hal ini berarti Anda perlu mengubah cara kampanye yang Anda lakukan.

Mengapa perlu mempertahankan subscriber ?

Untuk mendapatkan konversi, Anda tentu perlu mempertahankan subscriber Anda sebanyak mungkin. Walaupun banyak dari mereka yang mungkin tidak membeli produk Anda, namun setidaknya mereka bertahan pada list newsletter Anda dan dapat menerima penawaran Anda berikutnya yang berpotensi pada pembelian.

Unsubscriber mungkin memang bisa jadi dapat membersihkan email list Anda dari mereka yang memang tidak tertarik dengan produk Anda sehingga email list Anda menjadi lebih terfokus. Namun, hal ini juga bisa menjadi menurunkan potensi pembelian di masa depan. Oleh karena itu, tindakan pencegahan untuk mengurangi jumlah unsubscriber perlu Anda lakukan.

Konten Relevan

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam mengirimkan newsletter adalah relevansi antara konten dengan penerimanya. Apabila Anda mengirimkan konten yang tidak berhubungan dengan minat mereka, maka tentu saja mereka akan berhanti berlangganan newsletter Anda. Usahakan Anda membagi beberapa segmentasi pada list email newsletter Anda sehingga konten yang Anda buat dapat disesuaikan dengan segmentasi tertentu. Siapkan juga judul yang menarik pada setiap kampanye agar pelanggan tertarik membuka email Anda.

Frekuensi email

Pengiriman email yang berulang kali dengan frekuensi yang terlalu banyak hanya akan membuat pelanggan Anda lelah dan bosan dan bisa jadi mengganggu mereka. Oleh karena itu, berikan jeda waktu pada setiap kampanye dan hindari pengiriman newsletter berulang dengan konten yang sama.

Gunakan berbagai variasi format

Agar pelanggan Anda tidak bosen dengan kampanye yang Anda kirimkan, usahakan Anda menggunakan beberapa format kampanye. Tidak harus berupa penawaran produk, Anda bisa saja mengirimkan tips dan trik atau edukasi seputar bidang bisnis Anda, mengirimkan promosi diskon, mengingatkan pelanggan mengenai produk yang menunggu di keranjang belanja, kuis kecil dan lain sebagainya.

Gunakan Kombinasi Single dan Double Optin

Hal ini terkait pada persetujuan seseorang untuk masuk pada daftar penerima kampanye Anda. Single Optin berarti bahwa pelanggan tidak harus mengkonfirmasi bahwa mereka berlangganan newsletter Anda. Bedanya, dengan optin ganda, pelanggan harus mengonfirmasi ulang yang biasanya dilakukan dengan mengklik tautan yang dikirim via email kepada mereka setelah pendaftaran formulir awal selesai.

Penggunaan Single Optin memang mempermudah pengguna dan cara tercepat untuk menambah daftar Anda, namun hal ini juga menimbulkan kesan bahwa Anda kurang menghormati privasi pelanggan. Dengan Double Optin, pelanggan yang masuk pada email list Anda adalah mereka yang benar-benar berminat mendapatkan penawaran dari Anda sehingga mengurangi resiko unsubscriber di kemudian hari sekaligus membantu menjaga Sender Score yang Anda miliki.

Gunakan DREAMS untuk fitur Double Optin pada Newsletter Marketing bisnis Anda !

Mobile Optimization

Saat ini, penggunaan email pada mobile / HP sudah semakin meningkat dan bahkan kebanyakan orang sudah jarang membuka email dari laptop ataupun PC. Karakteristik orang yang lebih menyukai kepraktisan dan selalu on the go juga memperkuat alasan mereka memilih membuka email melalui mobile. Oleh karena itu, kampanye yang Anda kirimkan haruslah bersifat mobile friendly. Optimasi yang dapat Anda lakukan seperti membuat subject line yang menarik, mengurangi teks terlalu panjang, memberikan icon-icon, memastikan tulisan tidak terlalu kecil dan gambar tidak terlalu besar ketika dibuka di HP, dan pastikan ukuran tombol CTA mudah di akses.

Bagi Anda yang membutuhkan solusi untuk email marketing (newsletter) yang mudah, praktis dan dilengkapi dengan fitur Double Optins, D~NET kini hadir dengan layanan DREAMS. Lebih dari sekedar email server, DREAMS juga memberikan fasilitas email marketing dengan sistem throttling untuk menghindari label Spam, team messenger untuk berkolaborasi lebih mudah dengan tim dan fitur canggih lainnya seperti Async Mail, kemampuan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga serta dilindungi oleh enkripsi keamanan berlapis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *