7 Alasan Dibalik Internet Kantor yang Lambat

Pernahkah Anda sedang asik beraktivitas atau bekerja, namun tiba-tiba koneksi internet Anda lambat padahal sudah menggunakan layanan internet dedicated ? Tentu hal ini akan sangat mengganggu dan membuat Anda sebal karena pekerjaan menjadi terhambat. Selain itu mungkin Anda jengkel karena sudah membayar layanan dengan harga yang lebih mahal dengan berlangganan internet dedicated. Ya, internet dedicated memang menjanjikan kestabilan yang lebih dibandingkan layanan broadband karena sifatnya yang memiliki rasio 1:1 dimana Anda harus mendapatkan kapasitas bandwidth sesuai dengan kontrak layanan Anda.

Namun, mengapa terkadang koneksi internet dedicated kantor tetap bisa ‘lemot’ ? Eits, sebelum Anda menyalahkan ISP yang Anda gunakan, ada baiknya Anda pahami dulu bahwa penyebab koneksi lambat tidak melulu diakibatkan dari pihak ISP. Berikut ini adalah beberapa alasan lain yang dapat mengakibatkan koneksi internet menjadi ‘lemot’ atau down. Yuk simak bersama.

1. Interferensi pada Jaringan

Ketika proses instalasi, pihak ISP akan menentukan frekuensi yang digunakan, dimana hal ini sudah ditetapkan oleh pemerintah perihal batas frekuensi mana saja yang bisa digunakan untuk keperluan publik. Karena pilihan frekuensi yang terbatas ini, maka tentu akan ada kemungkinan terjadinya tabrakan frekuensi (interferensi) dengan frekuensi radio lain di sekitar lokasi, misalnya dengan ISP lain dan sebagainya.

Jika Anda pelanggan D~NET, Anda tidak perlu khawatir, jika telah terdeteksi terjadi interferensi tinggi yang berpengaruh kepada kualitas layanan yang diterima pelanggan, tim support D~NET akan segera melakukan optimasi pada radio yang digunakan dengan mengganti frekuensi untuk meminimailisir interferensi yang terjadi.

2. Kerusakan Perangkat

Kondisi perangkat yang digunakan juga bisa menjadi faktor penentu pada kualitas internet yang diterima. Apabila ditemukan adanya kerusakan pada perangkat seperti misalnya kabel sudah lama termakan waktu, rusak karena hama, atau perangkat gateway yang dirasa sudah tidak layak digunakan, maka segeralah menghubungi ISP Anda untuk melakukan penggantian perangkat jika diperlukan dan dirasa mengganggu layanan yang diterima. Selain itu, faktor perangkat yang digunakan pengguna (PC/ laptop/ gadget) juga perlu diperhatikan. Beberapa hal seperti komputer error karena OS yang tidak update atau menggunakan browser versi lawas dan sebagainya juga bisa mempengaruhi kenyamanan aktivitas internet Anda.

3. Traffic yang Tinggi

Salah satu penyebab internet menjadi lambat bisa jadi adalah karena traffic pada jaringan Anda penuh (full traffic). Keadaan ini bisa terjdi ketika seseorang mengambil kapasitas bandwidth yang besar seperti misalnya download game atau film (bandwidth hogging) sehingga dampaknya, pengguna lain tidak mendapatkan kapasitas bandwidth lagi. Selain itu bisa jadi memang pada saat itu seluruh pengguna sedang menggunakan aktivitas yang membutuhkan bandwidth berkapasitas besar.

Apabila perangkat pada kantor Anda ada yang menggunakan Windows versi 10, maka perlu diperhatikan pula karena seperti pada artikel ‘Windows 10 Kuras Bandwidth Internetmu, Mengapa ?‘ disebutkan bahwa Windows 10 memiliki sistem auto-update yang memakan bandwidth yang cukup besar tanpa disadari pengguna.

Untuk menanggulangi hal ini, maka Anda bisa menerapkan pengaturan limitasi bandwidth berdasarkan waktu atau pun berdasarkan kategori user yang digunakan seperti pada artikel di bawah ini:

4. Gangguan DNS

DNS atau Domain Name System adalah server yang menerjemahkan alamat situs web sehingga browser Anda dapat terhubung dengan halaman situs tersebut. Gangguan ini bisa terjadi karena berbagai alasan, salah satunya adalah akibat ada perubahan pada record atau miskonfigurasi pada DNS. Anda dapat memperbaiki masalah DNS dengan memutuskan koneksi internet dan menghubungkannya kembali, membersihkan cache DNS, menonaktifkan koneksi tambahan, mengubah server DNS default komputer Anda, atau dengan mengatur ulang router Anda.

5. Kesalahan Pengaturan Gateway

Yang dimaksud dengan kesalahan pengaturan dari perangkat gateway ini adalah apabila terjadinya keadaan Open DNS Resolver. Keadaan ini bisa muncul apabila perangkat gateway tidak dimaintain dengan baik atau belum ada penerapan Firewall pada pengaturan perangkat Anda sehingga pihak lain, hacker misalnya, dapat menggunakan IP Publik Anda untuk melakukan serangan di Internet.

Oleh karena itu, perlu digarisbawahi pentingnya penerapan Firewall pada gateway Anda untuk menghindari penggunaan yang tidak terotorisasi yang dapat merugikan Anda.

6. Malware

Malware juga merupakan salah satu faktor yang dapat memperburuk koneksi internet Anda. Terutama apabila terdeteksi adanya malware di hosting perangkat pengguna, maka secara otomatis beberapa web akan memblokir IP Anda sehingga Anda tidak bisa mengakses website tersebut. Untuk menghindarinya, pastikan perangkat Anda sudah terlindungi antivirus yang up-to-date dan hindari mengunduh atau meng-klik file dan link yang mencurigakan.

7. OS Perangkat Gateway yang Lawas

Telah kita bahas sebelumnya pada artikel ‘D~NET Batasi Akses Winbox Mikrotik, Ini Alasannya !‘ terkait adanya¬†security hole yang ditemukan pada RouterOS MikroTik versi lawas yang mengakibatkan perubahan DNS, pengaturan router dan sebagainya. Hal ini tentu berpengaruh pada kualitas layanan yang Anda terima. Untuk menanggulanginya, Anda dapat meng-update RouterOS MikroTik Anda – atau merk lainnya – ke versi terbaru, menambahkan firewall, dan juga mengubah password dan username lama Anda.

Nah itu tadi beberapa alasan yang dapat menjadi penyebab lambatnya koneksi internet Anda.

Untuk koneksi internet dedicated berkualitas, D~NET menawarkan solusi layanan terbaik dikelasnya. Dengan dukungan 24/7 Technical Support, dukungan Customer Relationship Management, Monitoring System handal serta berbagai fasilitas unggulan lainnya, D~NET percaya mampu memberikan kualitas terbaik untuk mendukung bisnis Anda. Bergabunglah dengan ribuan partner setia kamu dengan menghubungi kami sekarang di 031-548 0500 / email ke hello@dnetprovider.id dan kunjungi website kami di www.dnetprovider.id.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *