Pahami Pengertian, Cara Kerja, dan Kegunaan VPN

Pahami Pengertian, Cara Kerja, dan Kegunaan VPN

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai cara mengatasi kendala akses VPN, yuk sekarang kita pahami lebih jauh apa itu VPN, cara kerja serta kegunaannya. Virtual Private Network (VPN) ini sendiri adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara privat melalui jaringan Internet (publik). VPN memungkinkan Anda untuk melakukan akses informasi di dalam internet secara lebih aman seperti pada saat melakukan browsing, surfing, serta kegiatan lainnya. Dikatakan lebih aman karena data yang dikirimkan terenkripsi sehingga tetap rahasia walaupun melalui jaringan publik.

Bagaimana Cara Kerja VPN ?

Untuk lebih memahami konsep VPN, maka perlu kita ketahui bagaimana prinsip kerja dari VPN. Pada dasarnya, VPN berkerja dengan cara seolah-olah membuat jaringan didalam jaringan atau biasa disebut tunnel (terowongan). Tunneling ini digunakan untuk membuat jalur privat dengan menggunakan infrastruktur pihak ketiga. VPN sendiri menggunakan salah satu dari tiga teknologi tunneling yang ada yaitu: PPTP, L2TP, dan Internet Protocol Security (IPSec). VPN merupakan perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi sehingga lebih aman daripada koneksi internet biasa.

Untuk menghubungkan antar 1 PC dengan yang lain, VPN membutuhkan sebuah Server VPN yang dapat berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router. Komputer dengan aplikasi VPN Client ini kemudian akan mengontak Server VPN, VPN Server kemudian melakukan verifikasi username dan password dan apabila berhasil, VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk.

Apa Kegunaan VPN ?

Setelah kita pahami apa itu VPN dan cara kerjanya, selanjutnya mari kita pahami apa saja kegunaan dan keuntungan yang dapat diterima dengan menggunakan VPN.

  1. Transaksi dalam jaringan internet menjadi lebih aman
    Apabila Anda sering melakukan transaksi berjumlah besar seperti misalnya melalui e-banking, situs saham atau forex, maka dengan menggunakan VPN, transaksi dan data Anda akan jauh lebih privat dan lebih tidak rentan dari serangan hacker.
  2. Menutupi jejak histori aktivitas internet
    Selain data Anda lebih terlindungi, VPN juga berguna apabila Anda mengakses konten yang bersifat privat atau rahasia di internet. Dengan VPN, histori penelusuran Anda tidak akan terdeteksi oleh orang lain atau pihak yang tidak bertanggung jawab. Ini sangat berguna untuk hal-hal yang berkaitan dengan hak cipta.
  3. Mempercepat Proses Download
    VPN ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatan download dari internet. Ketika menggunakan VPN, kita seolah-olah sedang menggunakan jaringan pribadi, yang mana sedikit digunakan oleh orang lain dan juga bisa terkoneksi langsung dengan arus data yang mengalir di internet, yang dapat meningkatkan kecepatan download.
  4. Remote Access dari jarak jauh
    Dengan VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke internet seperti misalnya untuk mengambil data, membuka e-mail atau database dan lain sebagainya.
  5. Membuka akses pada situs yang diblokir / disensor
    VPN dapat digunakan juga untuk mengakses situs yang di blokir atau konten yang di sensor oleh host ataupun ISP yang biasanya terkait dengan regulasi negara atau kantor seperti misalnya pemblokiran situs sosial media pada jam kerja, pemblokiran situs FB pada beberapa negara dan sebagainya.

Berikut adalah pengertian, cara kerja dan kegunaan VPN. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *