Windows 10 Kuras Bandwidth Internetmu, Mengapa ?

Bagi Anda pengguna OS (Operation System) Microsoft Windows 10, pernahkah Anda merasa koneksi internet lambat padahal Anda tidak melakukan aktivitas internet yang menguras bandwidth seperti upload/download file dalam jumlah besar ? Anda pasti merasa bingung mengapa hal ini bisa terjadi walaupun Anda berlangganan koneksi internet yang dengan bandwidth yang cukup besar. Jadi, Mengapa hal ini bisa terjadi ?

Windows 10 memang hadir dengan banyak sederet fitur baru yang mungkin terlihat hebat dan keren. Namun Anda juga harus siap akan konsekuensi dari penggunaan Windows 10 yaitu fitur Automatic Update dari sistem yang tidak dapat dimatikan terutama pada Windows 10 Home. Update yang dirilis relatif dalam jangka waktu yang dekat yaitu bulanan, mingguan, bahkan harian.

Melakukan update terus-menerus secara berkala memang baik dan dapat mencegah malware seperti yang terbaru kemarin, WannaCry Ransomware. Faktanya, Windows 10 memang tidak dapat dimasuki Ransomware ini karena sistem yang selalu diperbaharui. Namun Anda harus paham bahwa proses Auto-Update ini akan banyak menguras bandwidth Anda akibat proses download update yang ada. Proses ini berjalan pada background process sehingga kebanyakan orang tidak sadar bahwa PC mereka sedang melakukan proses download yang besar dan mempengaruhi kecepatan koneksi internetnya.

Apabila salah satu perangkat PC pada kantor Anda menggunakan Windows 10, maka tentu ini akan menjadi kendala bagi proses bisnis Anda akibat internet yang tidak maksimal. Lalu Bagaimana kita mengatasinya ? Berikut adalah beberapa alternatif yang dapat Anda lakukan untuk menonaktifkan Auto -Update pada Windows 10 versi Pro.

1. Defer Upgrade
Apabila Anda menggunakan Windows 10 Pro, Anda bisa menikmati fitur Defer Upgrade untuk mematikan automatic update. Namun fitur ini bersifat sementara yaitu maksimal 365 hari untuk Feature Update dan 30 hari untuk Quality Update.

Kelebihan dari penggunaan Defer Upgrade, Anda akan tetap mendapatkan patch security untuk menjaga Windows 10 tetap aman, tetapi untuk update berupa fitur baru dan peningkatan fitur tidak akan terdownload sehingga tidak menguras bandwith internet Anda.

Untuk mengaktifkannya, buka Windows Update > Advanced Options

Kemudian ubah opsi pada ‘Choose when update are installed’ ke pilihan ‘Semi-Annual Channel (Targeted)’

Setelah itu Anda dapat memilih jangka waktu yang Anda inginkan untuk menunda proses update pada Feature Update dan Quality Update.

Ingin tahu cara lainnya untuk menonaktifkan Automatic Update ? Baca cara alternatif lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *