Cara Jitu Website Anda Tampil di Halaman Pertama Google

Sebagai salah satu situs mesin pencari paling popular saat ini, Google telah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari orang banyak untuk menemukan informasi hingga rekomendasi secara online.

Banyak hal bisa dicari melalui Google untuk membantu pekerjaan kita, mulai materi tentang kesehatan, finansial, pendidikan hingga informasi global terkini.

Dan sebagai pemilik bisnis, Anda pasti ingin memanfaatkan Google sebagai media untuk menjangkau pelanggan Anda lebih luas. Menampilkan situs Anda di mesin pencari adalah salah satu cara paling penting untuk meningkatkan kunjungan ke situs Anda dan mengekspos konten, produk, atau layanan Anda pada orang yang tertarik pada tawaran Anda.

Bagaimana Membuat Situs Bisnis Anda tampil di Halaman Pertama Google ?

Untuk membuat situs bisnis Anda tampil di halaman pertama hasil pencarian Google, ada beberapa hal yang wajib situs Anda terapkan sesuai algoritma Google. Dan algoritma Google Search selalu berubah setiap waktu.

Saat ini ada 5 hal utama yang mempengaruhi hasil pencarian Google :

1. Mobile First Index

Perangkat mobile telah menjadi sumber utama trafik internet di seluruh dunia termasuk Indonesia. Pada Januari 2019, menurut studi we are social, secara global 52,2 persen trafik website didominasi oleh perangkat mobile. Bahkan di Indonesia, 94 persen pengguna internet mengakses internet melalui perangkat mobile.

Kebiasaan pengguna internet di atas tentu menjadi perhatian Google. Supaya memberikan hasil pencarian yang lebih baik untuk para pengguna smartphone, Google menerapkan algoritma baru, yaitu Google Mobile First Index. Jadi, pastikan situs bisnis Anda mendukung dan responsive untuk perangkat mobile.

2. Kecepatan Situs

Faktor lain yang mempengaruhi situs Anda berpeluang besar tampil di halaman pertama hasil pencarian Google adalah kecepatan website.

Jadi, bagi bisnis Anda yang menggunakan website sebagai media publikasi dan promosi, perhatikan faktor kecepatan loading website. Kurangi penggunaan script atau widget yang memberatkan website Anda.

Caranya test nya adalah menggunakan salah satu dari 3 tools gratis yang cukup populer berikut :
PageSpeed Insights, Think with Google dan GTMetrix.

3. Keamanan Website

Bagi Google, keamanan sebuah website merupakan top priority. Google menjamin bahwa website yang muncul pada halaman pertama pencarian, merupakan website yang tingkat keamanannya terbaik.

Salah satu hal yang perlu Anda lakukan agar website lebih aman adalah menggunakan HTTPS pada website.

4. Konten Berkualitas

Buatlah konten yang berkualitas untuk website. Pengunjung Anda harus mendapatkan informasi sebenarnya tentang yang Anda promosikan pada deskripsi situs. Konten yang berkualitas akan membuat website Anda lebih mudah untuk dikenali oleh Google.

Selain itu, selalu perbarui konten situs Anda secara rutin. Salah satunya adalah dengan menampilkan blog atau berita di website.

5. Riset keyword

Lakukan riset keyword atau kata kunci web. Dengan begitu Anda akan mendapat kata kunci yang sering dicari oleh masyarakat online. Selanjutnya, pastikan setiap konten yang Anda buat mengandung kata kunci yang relevan.

Itulah 5 cara membuat website tampil di halaman pertama Google. Semoga dapat bermanfaat banyak untuk Anda.

Ingin situs web Anda berada di halaman pertama pencarian Google? D~NET memberikan solusinya. Isi form berikut ini jika ingin menjadikan situs bisnis Anda tampil di halaman depan hasil pencarian Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *