Ini 6 Hal yang Google Tahu Tentang Anda !

Bukan menjadi sebuah rahasia lagi bahwa perusahaan teknologi raksasa, Google, mengoleksi setiap data-data pribadi yang Anda masukkan pada setiap akun yang terhubung dengan Google. Tak hanya itu, kecerdasan dari sistem Google juga dapat mempelajari pola perilaku Anda dengan mengamati aktivitas apa saja yang Anda lakukan ketika menggunakan aplikasi – aplikasi yang dikembangkan oleh mereka.

Nah sebenarnya apa saja sih informasi yang dimiliki Google terkait data pribadi kita ? Penasaran ? Berikut ini adalah beberapa hal yang Google tahu tentang Anda.

1. Siapakah Anda di mata Google

Tak hanya mampu mengumpulkan data umum Anda seperti nama, usia, tanggal lahir, jenis kelamin, bahasa dan sebagainya, Google kini juga mampu memanfaatkan kemajuan teknologinya untuk memahami apa yang membuat diri Anda adalah Anda.

Pernah menggunakan Google Photos di Android Anda ? Selamat ! Google sudah mendapatkan foto Anda dengan teknologi face-recognition yang terus berkembang dan fitur photo tagging dari galeri kolega Anda.

Tak hanya itu, Google juga bisa mengetahui bagaimana suara Anda dengan permission yang Anda berikan kepada aplikasi pihak ketiga di gadget atau perangkat Anda. Belum lagi dengan memantau sejarah browsing Anda, maka Google bisa mengetahui apa pandangan yang Anda miliki termasuk pandangan politik, apa yang Anda percayai, dan, bagi Anda yang suka mencari diagnosa kesehatan online, maka bukan tidak mungkin Google bisa menyimpulkan kondisi kesehatan Anda.

2. Siapa Teman Anda

Tak hanya diri Anda sendiri, orang-orang di sekitar Anda juga dapat diawasi oleh Google. Dengan memanfaatkan data dari kontak Anda, Google bisa mengetahui siapa saja teman Anda, apa isi obrolan yang terjadi – termasuk teks, suara, dan gambar, siapa yang paling sering berhubungan dengan Anda, hingga kapan Anda akan bertemu mereka dengan bantuan informasi dari Google Calendar.

Tak hanya itu, berkat penggunaan aplikasi seperti Google Photos dan Google Drive, apapun file dan data yang Anda miliki dapat diakses oleh Google

3. Dimana Saja Anda Berada

Jika Anda menggunakan perangkat; misal saja handphone; yang terhubung dengan akun Google, maka Google dengan mudah memiliki akses untuk mengetahui dimana Anda berada, tempat mana saja yang Anda kunjungi, dan berapa lama durasi waktu yang Anda habiskan di tempat tersebut. Hal ini terjadi karena perangkat Anda biasanya akan selalu bersama Anda kemanapun Anda pergi dan sebagian besar waktu akan selalu terhubung dengan internet, baik WiFi maupun data selular, dan GPS.

Dengan informasi ini, Google dapat dengan mudah menganalisa tempat mana saja yang sering Anda kunjungi pada waktu tertentu, bahkan menyimpulkan dimana rumah Anda dan tempat Anda bekerja jika dianalisa berdasarkan waktu dan durasi Anda pada suatu tempat. Tak hanya mendapatkan informasi dari Google Maps, faktanya kini aplikasi Waze juga telah dikuasai Google dan seluruh datanya juga telah dimiliki oleh Google.

4. Rencana Masa Depan Anda

Anda berencana nonton teater atau konser ? Ingin liburan ke Bali atau mengunjungi luar negeri ? Sedang mencari mobil atau rumah di kota Anda ? atau mungkin mencari kursus atau sekadar restaurant terdekat ? Anda mencari semua ini di Google ?

Percayalah Google mengetahui rencana Anda dan ikut merencanakannya bersama Anda. Tak usah bingung, tidak lama lagi Anda akan melihat iklan yang sesuai dengan pencarian Anda !

5. Kesukaan dan Hal Favorit

Dengan algoritma Google yang terus berkembang setiap saat, apapun aktivitas yang Anda lakukan akan dapat dipantau oleh Google. Anda membeli produk secara online ? Menutup atau mengeklik sebuah iklan ? Mencari video di Youtube ? atau mencari produk di Google ? Algortima Google akan mempelajari semua informasi tersebut untuk menampilkan hal-hal yang dianggap lebih menarik bagi Anda.

6. All About You !

Google Chrome menyimpan seluruh log pencarian Anda, semua situs web yang Anda kunjungi dan tandai (bookmark), setiap video YouTube yang Anda tonton, obrolan pada Google Mail, aplikasi yang Anda unduh dari Google Store, ekstensi dari Google Chrome yang Anda gunakan, pengaturan browswr Anda, seluruh data akun dan password yang Anda simpan pada browser, seluruh data auto-fill yang Anda atur (seperti alamat, email, nomor telepon) di Chrome, dan seluruh aktivitas internet lainnya.

 

Nah itu tadi informasi – informasi yang bisa didapatkan Google mengenai diri Anda. Walaupun informasi data ini bisa dianggap ‘mempermudah’ Anda untuk mendapatkan penawaran-penawaran menarik atau sugesti terbaik untuk pribadi Anda, namun bayangkan apa saja yang dapat Google lakukan dengan data – data pribadi tersebut.

Bijaklah dalam penggunaan internet. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *