Benarkah SSL itu Penting Untuk Website Bisnis Anda?

Apakah SSL itu penting? Haruskah website bisnis Anda menggunakan SSL?

Pertanyaan – pertanyaan di atas dapat dianalogikan seperti “Haruskah menggunakan sabuk pengaman saat berkemudi?” atau haruskah menggunakan kacamata khusus untuk melihat matahari langsung ? Semua itu mempunyai jawaban yang sama. YA.

SSL merupakan singkatan dari Secure Sockets Layer, yaitu jenis keamanan digital yang memperbolehkan komunikasi dienkripsi di antara website dan web browser. Saat ini teknologi ini berkembang menjadi TLS. TLS adalah Transport Layer Security yang mengamankan privasi data, sama seperti yang dilakukan SSL. Website yang menginstall dan mengaktifkan sertifikat SSL/TLS dapat menggunakan protokol HTTPS untuk membuat koneksi yang lebih aman dengan server.

Tidak dapat dipungkiri bahwa SSL saat ini menjadi kebutuhan pada setiap website. Terutama website korporasi. Berikut beberapa alasan pentingnya penggunaan SSL.

1. SSL Melindungi Data

Fungsi utama dari sertifikat SSL adalah untuk melindungi komunikasi antara server-klien. Saat memasang SSL, setiap bit informasi dienkripsi. Dalam istilah awam, data dikunci dan hanya bisa dibuka oleh penerima yang dimaksud (browser atau server) karena tidak ada orang lain yang memiliki kunci untuk membukanya.

Terutama yang berkenaan dengan data sensitif seperti ID, kata sandi, nomor kartu kredit, dll., SSL membantu Anda melindungi data dari peretas dan skimmer yang nakal.

2. SSL Menegaskan Identitas Anda

Fungsi utama kedua dari sertifikat SSL adalah untuk memberikan otentikasi ke situs web Anda. Verifikasi ini berfungsi untuk identitas keamanan web Anda.

3. Peringkat di Mesin Pencari yang Lebih Baik

Siapa yang tidak ingin berada di halaman pertama Google?
Pada tahun 2014, Google membuat perubahan pada algoritmanya untuk memberikan keunggulan pada situs web yang mendukung HTTPS. Hal ini telah terbukti dalam berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli SEO di seluruh dunia. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Brian Dean, pendiri Backlinko.com menunjukkan korelasi yang kuat antara HTTPS dan peringkat mesin pencari yang lebih tinggi.
Dan satu lagi, Google akan menandai “Not Secure” atau tidak aman jika website Anda tidak menggunakan HTTPS.

4. SSL Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Terlepas dari fungsi enkripsi dan otentikasi, sertifikat SSL sangat penting dari sudut pandang kepercayaan pelanggan. SSL memastikan pengguna bahwa data yang mereka kirim ke server akan diamankan. Setelah mereka tahu bahwa Anda adalah entitas yang sah, mereka akan lebih percaya dengan bisnis Anda atau bahkan mengunjungi kembali situs Anda.

Bahkan browser seperti chrome saat ini memberitahu pengunjung web jika website Anda “tidak aman” apabila Anda belum mengaktifkan SSL.

Sudahkah website Anda menggunakan SSL ?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *