Lirik Cara Menulis Konten SEO Terbaru!

Salah satu cara untuk meningkatkan traffic pada blog Anda adalah dengan menulis artikel berkualitas dan SEO friendly. Cara penulisan konten SEO saat ini tentu sangat berbeda dengan cara penulisan yang lama karena algoritma yang terus berubah dan diperbaharui. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas kiat-kiat yang perlu dilakukan untuk menulis konten yang bersahabat dengan SEO.

Sebelum kita menyelami cara menulis artikel yang berkualitas bagi SEO, sebelumnya kita perlu mencari tahu terlebih dahulu mengenai RankBrain milik Google. Secara sederhana RankBrain adalah sistem yang mempelajari behaviour pengguna pada sebuah laman yang kemudian akan membantu Google mengurutkan hasil pencarian pada masing-masing keyword.

Dalam perhitungan peringkat pada hasil pencarian, ada 2 hal yang dipertimbangkan oleh RankBrain yaitu :

#1 Dwell Time : Durasi yang dihabiskan pada sebuah laman. Ketika Anda mencari sesuatu pada Google dan kemudian Anda menghabiskan waktu yang cukup lama pada salah satu laman hasil pencarian, maka RankBrain akan mencatat perilaku ini dan bisa jadi laman tersebut akan naik peringkatnya karena dianggap sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pengguna.

Sebaliknya, walaupun sebuah laman awalnya berhasil muncul pada peringkat pertama, namun banyak orang yang keluar atau menutup laman tersebut dalam waktu singkat, bisa saja RankBrain akan menurunkan laman tersebut dari peringkat awal pada hasil pencarian.

#2 Rasio Click per Rate : Prosentase pengguna yang mengeklik laman Anda ketika menggunakan keyword tertentu.

Berikut ini adalah beberapa tips yang Anda lakukan untuk dapat menulis artikel yang lebih SEO friendly :

Kenali Persona Audience

Ketika Anda tahu siapa target pembaca yang hendak dijangkau, Anda dapat membuat kata kunci yang lebih sesuai dan relevan dengan target Anda serta konten yang lebih baik yang akan sesuai serta menyelesaikan masalah pembaca Anda.

Kumpulkan daftar kata kunci

Setelah Anda memahami betul siapa target market Anda, maka kini saatnya menemukan kata kunci apa saja yang menjadi perhatian dari target Anda. Anda bisa melihatnya pada Keyword Planner pada Google atau mungkin sekedar brainstorming dengan tim mengenai keyword apa saja yang sesuai dengan bisnis Anda. Setelah daftar kata kunci ditemukan, maka rumuskan maksud pengguna yang mendorong pencarian, dan buatlah konten artikel yang sesuai dengan keyword dan maksud pengguna yang telah dirumuskan sebelumnya.

Gunakan Keyword pada Judul dan Tag Utama

Untuk memastikan mesin pencari dapat mendeteksi konten dari artikel Anda, maka usahakan judul dan atirubut lain seperti link internal, atribut Alt pada gambar, tag, heading, dan meta description mengandung keyword tujuan Anda. Dengan begitu, artikel Anda akan terlihat relevan dengan  tersebut di mata mesin pencari.

Buat Artikel untuk Manusia, bukan Mesin Pencari

Walaupun artikel Anda penting untuk dikenali mesin pencari, namun apabila artikel Anda tidak relevan untuk pembaca, maka peringkat laman Anda akan semakin turun dari hasil pencarian. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menulis konten artikel yaitu :

  • Mudah dimengerti
  • Konten faktual dan tidak mengandung kebohongan
  • Penulisan benar baik secara gramatikal maupun faktual

Lirik Kembali Konten Draft

Setelah Anda selesai menulis, tidak ada salahnya Anda kembali melihat ke konten Anda dan tambahkan kata kunci, frasa terkait, dan topik lain secara alami (tidak terkesan dipaksakan) sesuai dengan konten.

Nah itu tadi cara untuk meningkatkan SEO dan menulis konten yang SEO Friendly, selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *