Inilah 6 Fakta Kondisi Internet Tahun 2018

Tahukah Anda, dalam tiga bulan terakhir, jutaan orang di penjuru Afrika dan Asia Selatan terhubung ke internet pertama kalinya. Selain itu, pengguna internet global di seluruh dunia menghabiskan $20 Milliar atau sekitar $150.000 setiap menitnya pada aplikasi di gadget pada bulan Juli hingga September (Q3).

Perkembangan teknologi internet dan adopsinya yang sangat pesat hampir di seluruh belahan dunia menjadikan internet sebuah kebutuhan pokok. Tak hanya bisnis, kehidupan sosial dan pribadi seseorang sekarang kebanyakan dihabiskan dengan penggunaan internet baik untuk entertainment seperti bermain game, nonton video, video call dengan teman dan kolega dan sebagainya.

Berikut ini kita akan membahas seberapa jauh perkembangan internet berikut aspek internet lainnya pada kuartal ke 4 di tahun 2018 ini menurut We are Social dan Hootsuite yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam melakukan strategi bisnis dan promosi kedepannya di tahun 2019. Yuk mari kita simak !

Angka Pengguna Internet

Dari total 7.7 Miliar populasi di dunia :

  • 4,2 Miliar orang sudah menggunakan internet (55%), naik 7% dari tahun sebelumny
  • 3,4 Miliar orang memiliki akun sosial media dan aktif menggunakannya (44%), naik 10% dari tahun sebelumnya
  • 5,1 Miliar orang sudah menggunakan telepon genggam (67%), naik 1% dari tahun sebelumnya
  • 3,9 Miliar orang menggunakan telepon genggamnya untuk mengakses internet (51%)
sumber : We Are Social

Mobile Lebih Favorit

Hasil data statistik menunjukan bahwa pengguna mobile phone menyumbang lebih dari setangah dari seluruh lalu lintas web global (51,6%). Dilaporkan, walaupun penggunaan internet melalui PC / Laptop meningkat, namun kebanyakan orang hanya menggunakan laptop / PC mereka untuk mengakses internet ketika mereka melakukan aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan kantor. Namun, untuk penggunaan ringan sehari-hari seperti mengecek cuaca, browsing, mengakses sosial media dan lain-lain, mereka masih mengandalkan penggunaan mobile phone. Oleh karena itu, segala sesuatu yang ada di internet saat ini haruslah mobile friendly untuk dapat menjangkau target pasar dengan lebih optimal.

Source : We Are Social

Selain itu, melihat penggunanan mobile yang semakin berkembang, apabila memungkinkan, buatlah aplikasi yang dapat digunakan pada gadget pengguna khususnya mobile phone untuk meningkatkan intensitas engagement dengan pelanggan Anda.

Top Website

Menurut hasil penelitian yang sama, sepanjang bulan October 2018 berikut ini adalah 5 website dengan pengunjung terbanyak:
1.Google.com
2.Youtube.com
3.Facebook.com
4.Baidu.com
5.Wikipedia.org

Source : We Are Social

Dapat dilihat dari data di atas Facebook masih menjadi platform sosial media yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet. Selain itu, seperti yang sudah diduga, Google.com masih merajai lalu lintas internet paling ramai dan disusul dengan Youtube.com pada posisi kedua. Jadi, sudah tahu kan dimana Anda harus beriklan ?

Ketertarikan e-Commerce

Penelitian membuktikan bahwa 9 dari 10 pengguna internet mengakses situs e-commerce setidaknya sekali dalam 1 bulan dan 74% diantaranya membeli produk dari situs e-commerce. Untuk kategori pembelian terbanyak masih dipimpin oleh kategori pakaian fashion, kemudian disusul oleh footwear, dan perangkat elektronik.

Source : We Are Social

Facebook Masih Jadi Pemenang

Walaupun Facebook dilanda deretan skandal kebocoran data pengguna di sepanjang tahun 2018 ini, namun Facebook masih menjadi platform media sosial yang merajai dunia. Dalam Q2 pada tahun 2018, jumlah pengguna baru di Facebook bertambah sekitar 38 Juta dan sejak Juli 2018, pertumbuhan pengguna bertambah sebanyak 65 juta yang membuktikan masih bertahannya kekuatan Facebook sebagai platform sosial media terbesar.

Source : We Are Social

Posisi Facebook ini kemudian diikuti oleh Youtube pada posisi kedua, Whatsapp di posisi ke tiga dan diikuti oleh FB Messenger, Wechat dan Instagram pada posisi ke enam.

Jangkauan Social Media Ads

Seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna Facebook, maka secara gamblang tentu potensi audiens untuk iklan juga bertambah. Di Indonesia sendiri, angka potensial yang dapat dijangkau oleh pengiklan di Iklan Facebook adalah sebanyak 131 jt pengguna. Angka ini duduk di posisi ke-4 dari seluruh negara.

Untuk segmentasi usia pengguna Facebook, pengguna terbanyak ada pada kategori usia 25-34 tahun disusul dengan kategori usia 18-24 tahun dan 35-44 tahun.

Source : We Are Social

Pada platform sosial media Instagram di Indonesia, Pengiklan dapat menjangkau sebanyak 59 juta pengguna dengan memasang iklan di Instagram dengan kategori usia terbanyak 25-34 tahun dan disisul kategori 18 – 4 tahun dan 35-54 tahun di posisi yang sama.

Source : We Are Social

Sedangkan untuk Twitter, pengguna Indonesia hanya mencapai angka 6.17 juta, menduduki peringkat ke 10 di dunia.

Source : We Are Social

Kesimpulan

Nah dari ulasan penelitian di atas maka berikut ini adalah poin-poin penting dalam perkembangan internet di tahun 2019 yakni :

  • Penggunaan E-Commerce yang semakin meningkat pada segmen Fashion dan akan beralih ke kebutuhan sehari-hari seperti consumer goods dan bahan makanan
  • Penggunaan sosial media dalam promosi bisnis masih menjadi alternatif pilihan yang baik dengan potensi jangkauan yang cukup besar pada platform Facebook dan disusul dengan Instagram
  • Penggunaan mobile yang lebih disenangi oleh penikmat digital saat ini penting untuk menjadi bahan pertimbangan ketika bisnis Anda hendak membuat web perusahaan, situs e-commerce dan strategi bisnis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *