Tips Sukses Closing Dengan Telemarketing

Tips Telemarketing

Dalam memasarkan produk, segala cara akan dilakukan oleh perusahaan untuk dapat meningkatkan penjualan dan mendapatkan revenue. Cara – cara yang dilakukan dapat melalui penjualan secara langsung, iklan, sales door-to-door, email marketing, sosial media, telemarketing dan lain sebagainya.

Telemarketing merupakan salah satu cara pemasaran yang tergolong tradisional dan cukup digandrungi oleh pemiliki bisnis pada umumnya. Walaupun terkesan sepele, sangat sulit mendapatkan telemarketing yang bisa dibilang ‘sempurna’. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan ada beberapa tips dan trik yang dapat Anda gunakan untuk memperlancar proses closing pada saat Anda melakukan telemarketing. Yuk simak beberapa tips berikut !

1. Beri Desakan Halus

Teknik ini sebenarnya merupakan teknik klasik dan sering digunakan pada saat melakukan telemarketing. Namun yang perlu Anda ingat, jangan terlalu agresif mendesak pelanggan untuk membeli produk Anda karena malah akan terkesan menganggu dan memaksa. Ingatkan saja mereka akan informasi yang perlu mereka ketahui seperti misalnya keterbatasan waktu penawaran dan sebagainya. Usahakan tidak berbohong ketika Anda memberi penekanan karena hal ini dapat menjadi bumerang bagi Anda sendiri kedepannya.

Contoh penekanan yang dapat Anda berikan :

  • “Ini merupakan penawaran khusus satu kali pada panggilan ini dan harga ini tidak akan Anda dapatkan pada pembelian di lain waktu.”
  • “Ada waktu terbatas untuk penawaran ini dan saya benar-benar tidak ingin Anda kehilangan kesempatan ini”.

2. Biarkan Pelanggan Melanjutkan Harinya

Apabila kamu merasa gerak-gerik pelanggan menunjukkan mereka ingin mengakhiri panggilan, maka sebaiknya Anda terlebih dahulu yang menyimpulkan hasil pembicaraan sebelumnya dan mengakhiri panggilan tersebut.

Walaupun trik ini terkesan tidak masuk akal, namun pelanggan akan menghargainya apabila Anda mengerti bahwa hari mereka tidak dihabiskan hanya untuk menerima panggilan Anda. Selain itu, hal ini akan membuka kesempatan Anda untuk melanjutkan pembicaraan di hari lain dan membuka kesempatan penjualan.

3. Berasumsi Positif

Penggunaan trik ini harus Anda lakukan dengan hati-hati dan hanya gunakan jika pelanggan Anda lebih condong positif untuk melakukan pembelian. Yang perlu Anda lakukan adalah berasumsi bahwa mereka telah setuju melakukan pembelian dan yang perlu dilakukan hanyalah kegiatan administratif.

Kalimat yang dapat Anda gunakan seperti misalnya :

  • “Setelah ini saya akan mengirimkan kontrak kepada Anda dan apabila ada pertanyaan, Anda dapat menghubungi saya lagi”
  • “Anda hanya perlu mengisi formulir online ini dan proses pembelian sudah selesai”

Selain dapat mempercepat closing, pelanggan yang mungkin masih memiliki keraguan bisa saja terdorong untuk melakukan pembelian dengan impulsif.

Tips Telemarketing
Tips Telemarketing

4. Berikan Penjelasan

Untuk memberikan rasa aman kepada calon pelanggan bahwa Anda tidak akan menghilang setelah mereka melakukan pemesanan, yang perlu Anda laukukan adalah dengan memberikan beberapa informasi seperti :

  • Apa saja data yang diperlukan dalam pemesanan
  • Alur yang terjadi setelah pesanan dibuat
  • Apa yang akan Anda lakukan dalam waktu dekat

Dengan begitu mereka akan mendapatkan informasi yang mreka butuhkan sehingga lebih mantab dan yakin dalam melakukan pembelian. Jangan lupa untuk melemparkan pertanyaan kepada mereka untuk memastikan bahwa mereka telah memahami apa yang telah Anda sampaikan seperti misalnya :

  • Apakah ada informasi lain yang Anda butuhkan ?
  • Apakah penjelasan saya mudah dimengerti ?
  • dan sebagainya

5. Gali Alasan Pasti

Apabila pelanggan Anda menolak pembelian, maka gali lebih lanjut mengenai alasan mereka tidak melakukan pembelian. Kecil kemungkinan mereka akan menjawab dengan gamblang ‘karena saya tidak mau saja’.

Dengan pertanyaan yang jujur ini, sulit bagi pelanggan untuk menolak penawaran Anda atau apabila mereka menceritakan kendala yang mereka miliki, Anda bisa membalikkannya dengan menawarkan solusi-solusi lain yang Anda miliki untuk membujuk mereka melakukan pembelian.

6. Akhiri Dengan Ucapan Positif

Walaupun pada akhirnya Anda tidak berhasil melakukan penjualan, akhiri panggilan dengan nada yang positif dan hargai waktu mereka untuk berbicara dengan Anda.

Kata – kata yang dapat Anda gunakan seperti :

  • “Terima kasih banyak telah meluangkan waktu untuk berbicara dengan saya”
  • “Terima kasih banyak atas waktunya, saya yakin keputusan Anda adalah keputusan terbaik”

Nah itu tadi beberapa tips yang dapat Anda gunakan dalam melakukan telemarketing. Untuk menghasilkan telemarketing yang baik, maka dibutuhkan kualitas telepon yang baik juga. D~NET Voice selain menawarkan kualitas telepon yang jernih dan lancar, juga mampu menghemat biaya telepon perusahaan Anda hingga 70%. Jangan ragu lagi melakukan panggilan telemarketing sebanyak-banyaknya dengan solusi telepon VoIP hemat dari D~NET Voice.

Pelajari lebih lanjut tentang D~NET Voice di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *