Hilangkan Malware dari Ponsel Android Dengan Cara Ini !

Sudah menjadi hal yang lazim bahwa malware saat ini tak hanya menyerang PC / laptop, namun juga bisa menyerang ponsel atau smartphone. Malware bisa masuk ke smartphone melalui banyak jalur, seperti misalnya apabila Anda sering mengunduh konten dari website tidak resmi, file APK dari pihak ketiga, tautan email, dan bahkan, beberapa aplikasi yang ada pada Google Play Store dikabarkan juga bisa disisipi malware.

Sayangnya, banyak orang yang tidak sadar akan adanya malware pada smartphone nya, sehingga mereka tidak dapat menggunakan ponsel tersebut dengan kapasitas maksimalnya. Pasalnya, memang sulit untuk mendeteksi apakah smartphone kita suda terjangkit malware atau tidak. Berikut beberapa tanda-tanda yang perlu Anda waspadai apabila terjadi pada ponsel Anda :

  • Ponsel lambat tanpa sebab

    Apabila ponselmu tiba-tiba berjalan dengan lambat walaupun belum lama Anda menggunakannya ataupun kapasitas memori masih banyak yang lowong dan Anda sudah me-reboot HP namun tidak ada hasil, mungkin Anda perlu curiga apabila ponsel Anda sudah terserang malware.

  • Kuota tersedot dengan sendirinya

    Apabila tiba-tiba kuota Anda banyak berkurang walaupun Anda tidak merasa menggunakannya, mungkin HP anda sudah terkena malware. Biasanya malware yang menguras kuota ini digunakan untuk mencari data akun pebankan, informasi kartu kredit, kontak dan sebagainya dan kemudian mengirimkannya kepada penyebar malware tersebut.

  • Baterai cepat habis

    Anda tidak sedang menggunakan HP namun baterai tiba-tiba berkurang atau bahkan habis ? Kebanyakan  malware memang dirancang untuk beroperasi di background dan akan terus bekerja  untuk mengambil berbagai data yang diinginkan sehingga baterai HP mu dapat terserap walaupun sedang tidak digunakan.

  • Panggilan terputus – putus

    Bila Anda sering terputus saat sedang menerima / melakukan panggilan walaupun sinyal menunjukkan tanda penuh, maka bisa jadi ini ulah dari malware yang perlu Anda perhatikan.

Apabila ponsel Anda memiliki tanda-tanda seperti di atas, jangan khawatir ! Berikut adalah beberapa tips untuk membantu menghapus dan menghilangkan malware dari ponsel Android Anda.

Anti Virus / Anti Malware

Walaupun keefektifan dalam menggunakan anti virus di ponsel masih menjadi perdebatan, namun tidak ada salahnya kamu mengambil langkah ekstra dengan menggunakan aplikasi anti virus di ponsel mu sebagai langkah pencegahan masuknya virus / malware dan pengecekan berkala.

Safe Mode

Untuk mengetahui adanya malware atau tidak di ponsel Anda, maka Anda bisa masuk ke Safe Mode. Pada saat Safe Mode, seluruh aplikasi pihak ketiga, termasuk malware, akan berhenti bekerja sehingga dapat lebih mudah dideteksi. Langkah-langkah untuk masuk ke Safe Mode adalah sebagai berikut :

  1. Tekan tombol daya / power, saat muncul konfirmasi untuk mematikan daya, tekan tombol ‘power off’ agak lama hingga muncul pop-up yang untuk mengonfirmasi perintah reboot ke Safe Mode. Klik ‘OK’ atau ikuti perintah pada pop-up tersebut
  2. Apabila Anda tidak bisa masuk ke Safe Mode akibat malware yang menjangkitnya, maka Anda bisa melakukan Hard Reset dengan melepas baterai atau menekan tombol power selama minimal 10 detik atau cara lain sesuai dengan tipe ponsel Anda. Ketika perangkat sedang melakukan booting, tekan kedua tombol volume secara bersamaan atau tombol menu (sesuai tipe HP Anda) untuk masuk ke Safe Mode.
  3. Setelah Anda masuk ke Safe Mode, buka ‘Pengaturan’ > ‘Apps’ > ‘Downloaded’ untuk melihat apakah ada malware pada perangkat Anda. Untuk mendeteksinya, apabila Ande menemukan aplikasi asing di list downloaded apps Anda, maka kemungkinan aplikasi tersebut adalah malware.
  4. Untuk menghilangkannya, Anda bisa meng-uninstall aplikasi tersebut dengan klik tombol ‘Uninstall’
  5. Apabila malware tersebut telah diaktifkan sebagai administrator dari perangkat Anda maka yang harus Anda lakukan adalah kembali ke Pengaturan Utama > ‘Security’ > ‘Device Administrator’ dan centang kotak yang ada di samping dan lakukan Uninstall malware seperti biasa.
  6. Setelah itu, Anda bisa me-reboot perangkat Anda dan secara otomatis perangkat Anda akan keluar dari Safe Mode dan semuanya akan berjalan normal

Unknown Sources

Cara ini dilakukan dengan menon-aktifkan pengaturan yang memungkinkan smartphone kamu memasang aplikasi dari luar Play Store. Caranya :

  • Setting > Security > hilangkan tanda pada Unknown Sources

Selain cara-cara di atas Anda juga bisa melakukan pencegahan lainnya dengan selalu mengupdate aplikasi yang ada pada smartphone Anda pada Google Play Store, memeriksa deskripsi izin atas sebuah aplikasi sebelum menunduhnya, dan menggunakan VPN saat menggunakan Wi-Fi di tempat publik.

Nah itu tadi berbagai cara untuk mencegah dan menghilangkan malware dari perangkat androidmu, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *