Tingkatkan Traffic Blog Bisnis dengan Social Bookmarking

Tingkatkan Traffic Blog

Dalam tujuan pemasaran bisnis, tentu bagian marketing akan mencoba berbagai cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan mereka. Selain menggunakan metode hard-selling seperti pemasaran melalui sales door-to-door, pemasangan iklan komersial, telemarketing dan sebagainya, penjualan juga dapat dilakukan dengan metode soft-selling untuk mendekatkan diri terlebih dahulu dengan pelanggan bisnis / prospek tanpa melakukan penjualan secara gamblang.

Metode soft-selling ini biasanya dilakukan dengan berbagai platform sosial media seperti Facebook dan Instagram untuk meningkatkan engagement dengan pelanggan atau juga bisa melalui blog perusahaan. Saat ini yang paling digandrungi bisnis memang melalui sosial media, masih jarang perusahaan yang memiliki blognya sendiri. Namun, blog sebenarnya merupakan kesempatan yang sangat baik untuk melakukan soft-selling dan lebih memperluas brand awareness bisnis Anda.

Konten yang dapat Anda bagikan melalui blog juga beraneka ragam seperti misalnya kegiatan / acara perusahaan, update produk, success story pelanggan Anda, atau artikel edukasi / update trend yang terkait dengan produk atau jasa yang Anda pasarkan. Jika Anda bandingkan dengan menggunakan sosial media, yang akan melihat postingan Anda adalah mereka yang mengikuti sosial media brand Anda saja, kecuali Anda menggunakan fasilitas paid Ads. Namun dengan blog, misalkan saja Anda menjual produk kesehatan, maka Anda bisa membuat artikel yang mengulas sebuah penyakit tertentu sesuai dengan produk Anda, misalkan saja Hepatitis. Ketika orang yang bahkan belum mengetahui brand Anda, melakukan pencarian / browsing mengenai penyakit Hepatitis maka artikel Anda juga berpotensi muncul dan dibaca oleh orang tersebut.

Semakin traffic pada blog Anda meningkat, maka artikel-artikel Anda dengan sendirinya akan sering muncul pada pencarian teratas pada mesin pencari, dan semakin besar kesempatan untuk memperluas brand awareness Anda.

Nah, bagi Anda yang baru saja membentuk blog untuk bisnis Anda, mungkin Anda masih berupaya untuk meningkatkan traffic pengunjung ke blog Anda. Selain menambahkan backlink dari sosial media dan mengiklan dengan keyword tertentu pada Google ads, Anda juga bisa melakukan Social Bookmarking.

Tingkatkan Traffic Blog

Social Bookmarking

Social Bookmarking sendiri adalah sebuah metode bagi pengguna internet untuk mengorganisasi, menyimpan, mengelola, dan mencari penanda sumber daya yang tersedia secara online. Dengan membagikan artikel blog Anda pada situs Social Bookmarking ini, Anda bisa meningkatkan SEO untuk blog / web Anda karena Sosial Bookmarking ini memberikan backlink yang berkualitas dan ’dihargai’ oleh mesin pencari.

Namun, untuk dapat membagikan artikel pada sebuah situs Social Bookmarking biasanya Anda akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu pada situs tersebut. Setelah itu, ketika Anda mengunggah artikel, maka artikel tersebut akan dipindai terlebih dahulu untuk memastikan bahwa konten tersebut tidak melanggar aturan dari situs Social Bookmarking yang terkadang berbeda-beda seperti misalnya dilarang mengandung unsur SARA / konten pornografi, atau kesesuaian konten dengan situs tersebut.

Beberapa contoh situs Social Bookmarking yang dapat Anda gunakan (pertanggal 31 Oktober) adalah :
1. Blog Viva (https://www.viva.co.id/blog)
2. Portal Tahu Pedia (http://www.tahupedia.com/)
3. Direktori Indonesia (https://www.direktori-indonesia.biz/)
4. Reddit (https://www.reddit.com/)
5. Digg (http://digg.com/)
Dan lain sebagainya..

Nah, mulailah membuat blog dari sekarang dan rasakan dampaknya dengan melakukan Social Bookmarking pada bisnis Anda. Selamat mencoba !

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *