Kesulitan Akses VPN? Ini Penyebabnya!

Pernahkah Anda merasa kesulitan mengakses server VPN melalui mobile atau gadget Anda ? Baru-baru ini D~NET mendapatkan pertanyaan dari beberapa pelanggan yang mengeluhkan bahwa mereka tidak dapat mengakses server D~NET melalui gadget atau mobilenya padahal sebelumnya mereka dapat mengakses dengan lancar. Lalu di sinilah tim support 24/7 D~NET segera bergerak cepat untuk mencari permasalahannya.

Setelah menganalisa problem yang terjadi, permasalahan yang ditemukan bukan dari server D~NET melainkan dari akses VPN dari gadget yang digunakan pelanggan. Mengapa ini terjadi ?

VPN sendiri adalah Virtual Private Network yaitu suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara privat melalui jaringan Internet (publik). VPN mempermudah Anda apabila harus bekerja walau sedang berada di luar kantor. Anda dapat mengakses file, e-mail, dan database di kantor pusat Anda dengan menggunakan jaringan VPN yang relatif lebih murah dan aman dibandingkan dengan mengkoneksikan diri langsung ke server kantor Anda atau mengirim file melalui Internet.

Ada berbagai macam VPN yang telah banyak dikenali saat ini seperti PTPP, L2TP, dan OpenVPN. Namun yang masih tergolong paling umum dan digunakan oleh banyak orang adalah VPN jenis PTPP. Bahkan beberapa perangkat Apple masih banyak yang menggunakan VPN PTPP pada pengaturannya. Hal inilah yang menjadi sumber permasalahan yang diakibatkan oleh diblokirnya VPN PTPP oleh sejumlah provider lokal di Indonesia. Belum ada pemberitaan atau klarifikasi resmi dari provider tersebut namun hasil pemantauan menunjukkan bahwa provider seperti XL dan Smartfren telah memblokir servis VPN PTPP ini.

Lalu apa yang harus dilakukan ? Untuk mengatasi permasalahan ini, disarankan Anda beralih dengan menggunakan akses VPN lainnya yaitu L2TP. Walaupun L2TP masih lebih jarang digunakan, namun L2TP juga kompatibel dengan sistem operasi umum seperti Windows, Linux, MacOS, iOS, dan Android.

Selain kompatibel dengan berbagai perangkat desktop, mobile dan tablet, VPN L2TP juga stabil pada perangkat yang didukung NAT. L2TP juga dilengkapi enkripsi tertinggi yaitu IP Sec yang memeriksa integritas data dan merangkum data dua kali sehingga menjadi pilihan yang tepat apabila keamanan merupakan prioritas Anda.

Cari tahu cara konfigurasi VPN L2TP/IPSec di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *