Mau Tahu Rahasia Dibalik Teknologi Bitcoin?

Siapa sih saat ini yang belum mengenal istilah bitcoin ? Uang digital yang sudah santer dibicarakan di seluruh dunia. Namun, sudahkan Anda tahu teknologi yang ada di balik bitcoin ?

Blockchain merupakan teknologi digital canggih bersifat peer-to-peer yang digunakan dibalik bitcoin. Blockchain terdiri dari blok-blok yang dihubungkan secara kriptografik untuk memastikan bahwa datanya tidak dapat diubah secara ilegal oleh siapapun. Teknologi blockchain ini biasanya juga dapat digunakan untuk menyimpan informasi penting seperti surat kontrak, akta kepemilikan, bukti transaksi perbankan dan lain-lain.

Secara gamblang, teknologi blockchain memungkinkan adanya record atau pencatatan digital yang bersifat transparan, dapat diakses publik luas. Apabila Anda adalah seorang developer dan dapat membaca kode kriptografi blockchain, maka Anda sudah dapat membaca kode apa yang tertulis.

Pada teknologi blockchain, tiap blok yang mengandung informasi di dalam database komputer saling terhubung satu sama lain melalui sebuah bentuk tanda tangan digital. Semakin banyak info yang di tambahkan, rantai blok semakin panjang dan blockchain semakin kompleks. Database komputer juga semakin besar seiring bertambahnya jumlah orang yang menggunakan.

Selain itu, blockchain bersifat terdesentralisasi atau tidak terpusat dimana tidak dikontrol oleh satu orang atau sebuah perusahaan tertentu. Kode blockchain tersebar di ribuan komputer yang terhubung di jaringan blockchain tersebut dan bukannya tersimpan pada suatu server yang dijalankan oleh sebuah perusahaan.

Hal ini lah yang mengakibatkan teknologi blockchain hampir tidak bisa diretas atau sangat sulit diretas. Apabila ada sebuah perubahan data pada blockchain semua pengguna yang tergabung dalam rantai tersebut dapat melihat asal perubahan terjadi dan menentukan perubahan tersebut valid atau tidak. Artinya Seorang cyber attacker atau hacker yang ingin merubah data pada sebuah blockchain harus memecahkan kode yang tersimpan pada database dan meretas ribuan komputer atau minimal sebanyak lebih dari 51% dari jumlah komputer yang tergabung pada rantai yang sama. Transaksi yang terjadi pada blockchain juga tidak dapat dibatalkan (immutable) dan akan tercatat secara permanen.

Dengan teknologi blockchain, kita dapat memiliki sistem yang canggih dan lebih aman untuk berbagai transaksi yang berkaitan dengan finansial, kepemilikan aset dan properti atau pencatatan tranksaksi lainnya. Tertarik untuk mencoba ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *