Mengenal Berbagai Fitur Terbaru Android 9 Pie

Bagi Anda penggemar sistem operasi Android, Anda tentu sudah bersiap untuk mengupgrade OS Anda dengan OS keluaran terbaru yang dinilai jauh lebih baik dan pintar dibanding Android 8 Oreo. Pasalnya, pada tanggal 6 Agustus 2018 lalu, Android sudah meluncurkan sistem operasi versi terbarunya yaitu Android 9 Pie. OS terbaru ini disinyalir banyak memanfaatkan kekuatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang dapat memberikan performa lebih baik pada gadget Anda.

Nah untuk Anda yang penasaran apa saja fitur – fitur unggulan dari OS Android terbaru ini, yuk simak artikel lebih lanjut !

Didesain untuk menyesuaikan Anda

Dengan penerapan kecerdasan buatan (AI) pada sistem operasi Android Pie, maka ponsel Anda akan memiliki kemampuan untuk mempelajari perilaku Anda dan menyesuaikan berbagai fitur ponsel dengan pola perilaku Anda sehari-hari:

  • Otomatisasi Tampilan
    Android Pie mampu mempelajari pengaturan cahaya yang Anda terapkan dalam berbagai suasana. Setelah informasi yang dimiliki cukup, maka Android Pie akan dengan sendirinya mengatur keterangan cahaya ponsel sesuai dengan suasana Anda berada tanpa perlu mengaturnya secara manual terus menerus.
  • Pengaturan Notifikasi
    OS ini mampu mendeteksi perilaku Anda terhadap notifikasi dari aplikasi yang ada pada ponsel. Apabila Anda selalu menghapus notifikasi sebuah app terus menerus tanpa melihatnya, maka Android Pie akan memberikan sugesti untuk menonaktifkan notifikasi dari app tersebut dengan sendirinya sehingga Anda tidak perlu repot dengan notifikasi yang mengganggu.
  • App Action
    Dengan fitur App Action, Android Pie mempelajari tindakan rutin Anda setiap harinya. Contohnya, ketika Anda akan berangkat ke kantor, Android Pie akan memberikan sugesti untuk membuka aplikasi maps untuk menunjukkan arah ke kantor atau mungkin Anda menelepon atasan Anda pada jam tertentu setiap harinya, maka ketika tiba pada waktu yang dicatat oleh sistem, Anda akan diberikan sugesti untuk membuat panggilan.
  • App Slices
    Fitur ini memiliki konsep yang sama dengan App Actions dimana Android Pie akan mempelajari kegiatan rutin Anda. Bedanya, App Slices lebih berfokus pada masing-masing aplikasi. Contohnya ketika Anda mengetik aplikasi Lyft (sejenis Uber) pada search bar maka tidak hanya program aplikasi yang muncul namun juga sugesti yang dilihat dari rutinitas Anda seperti misalnya tarif menuju kantor / rumah / lokasi lain yang sering dikunjungi. Namun sayangnya, fitur ini masih belum tersedia di versi ini dan masih akan dikembangkan di versi Android Pie selanjutnya.

Meningkatkan Aksesibilitas

Untuk semakin mempermudah, berbagai fitur yang dulunya terkesan rumit menjadi lebih mudah dan cepat :

  • Fitur Screenshot
    Jika sebelumnya pengguna harus menekan tombol home dan power secara bersamaan untuk menangkap gambar layar, maka dengan Android Pie, pengguna hanya cukup menekan dan menahan tombol home dan kemudian akan muncul shortcut untuk screenshot. Selain itu, pengguna juga dapat langsung mengedit hasil screenshot tanpa harus membukanya terlebih dahulu pada folder gambar (galeri).
  • Pengaturan volume
    Pada OS sebelumnya, ketika Anda ingin mengatur volume lagu atau game pada ponsel dengan menekan tomol volume, bisa saja ponsel malah mengatur hal lain seperti volume notifikasi, sistem, atau nada dering. Pada Android Pie, pengaturan default volume adalah media, sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir mengatur volume yang salah.
  • Kemudahan Navigasi
    Apabila sebelumnya Anda harus menekan tombol untuk berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya, dengan Android Pie, kita hanya perlu menggunakan gesture yang kemudian akan menampilkan laman pratinjau penuh. Hal ini akan memudahkan navigasi dari satu aplikasi ke aplikasi lain seperti misalnya Anda masih bisa membaca laman browser dan kemudian mengetiknya pada aplikasi email tanpa harus berpindah aplikasi.

Meningkatkan Daya Baterai


Sistem Android Pie dapat mengatur kapasitas baterai yang dapat digunakan oleh setiap aplikasi. Pembagian kapasitas baterai ini disesuaikan dengan frekuensi penggunaan sebuah aplikasi oleh pengguna. Artinya, aplikasi yang sering diakses akan mendapatkan kapasitas baterai yang lebih besar dibandingkan aplikasi lainnya. Telah terbukti dengan fitur ini, daya baterai dapat dihemat hingga 30% dari biasanya.

Pengaturan Do Not Disturb

Pada dasarnya fitur ini akan menonaktifkan seluruh notifikasi ketika Anda ingin istirahat dari dunia maya atau ingin fokus dengan apa yang sedang Anda kerjakan. Pada Android Pie, Anda dapat mengatur jadwal untuk mengaktifkan fitur Do Not Disturb setiap harinya misalnya ketika jam kerja atau dapat di atur dengan otomatis ketika Anda menghadapkan layar ponsel ke bawah. Namun, Anda tetap bisa memilih kontak mana saja yang tetap akan muncul notifikasinya untuk keadaan darurat.

Digital Well Being


Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur durasi penggunaan sebuah aplikasi untuk penggunaan ponsel yang lebih sehat. Hal ini dapat Anda terapkan untuk anak Anda atau mungkin untuk Anda sendiri. Misalkan saja Anda membatasi penggunaan Instagram pada 3 jam sehari, maka ketika batas waktu sudah hampir habis, akan muncul notifikasi pengingat pada ponsel Anda. Setelah waktu habis, maka logo aplikasi akan berubah warna menjadi abu-abu dan aplikasi tersebut tidak dapat dibuka kembali hingga hari berikutnya.

Nah itu tadi bebragai fitur – fitur terbaru Android yang hadir pada versi 9 Android Pie. Selain banyak fitur menarik, OS Android Pie ini dijanjikan akan lebih cepat tersedia dan dapat digunakan untuk berbagai tipe handphone. Yuk kita nantikan kehadirannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *