Data Center Virtual VS Fisik: Mana yang Lebih Menguntungkan?

Sebelum kita masuk dalam perbandingan sifat dan karakteristik dari kedua jenis data center ini, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu virtual data center atau biasa di sebut VDC. Virtualisasi data center pada dasarnya adalah penerapan konsolidasi dan pengurangan jumlah server dalam bentuk fisik dengan cara menciptakan mesin virtual dalam jumlah banyak yang dengan menggunakan shared storage dan jaringan dan kemudian ditempatkan di beberapa host fisik.

Dengan penggunaan VDC sebuah perusahaan dapat menghemat biaya yang relatif besar dibandingkan dengan menggunakan server fisik. Hal yang paling mudah gamblang dimulai dari pengurangan biaya listrik yang drastis dengan mengeliminasi penggunaan server fisik. Selain itu, server fisik memakan space yang lebih besar dengan kapasitas yang lebih sedikit dibanding VDC yang mampu menampung ribuan Virtual Machines (VM) dalam 1 host fisik.

Berikut dapat kita simak perbandingan karakteristik antara VDC dan Server Fisik.

Physical data center Virtual data center
1. Proses Migrasi
Karena terikat dengan media fisik, perpidahan data center akan membutuhkan biaya besar dan proses yang lama. Keseluruhan data center virtual dapat direplikasi maupun dipindahkan dengan mudah dan cepat.
2. Server
Server fisik dengan jumlah besar akan memakan biaya, daya dan tempat yang besar namun hanya memiliki daya tampung yang terbatas. Satu VDC dapat menyimpan ribuan VMs untuk mengakomodasi kebutuhan Anda dan proses Disaster Recovery menjadi lebih mudah.
Dalam pengembangannya, hanya bisa dilakukan dengan menambah server baru (nonreturnable) dan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk melakukan instalasi, konfigurasi dll. Dapat melakukan penambahan dan pengurangan VM dengan mudah dan fleksibel dalam hitungan menit.
Sering terjadi downtime yang diakibatkan proses pemeliharaan atau apabila ada kerusakan maupun system failure. Minimal downtime dengan sistem cloud yang menjamin kontinuitas ketersediaan layanan yang lebih baik.
Untuk pengamanan server dari virus, maka setiap server harus diberi Anti Virus yang akan memakan waktu dan biaya. Anti-Virus dikonfigurasi pada level hypervisor (VM Monitor) dalam sistem sehingga lebih aman dari malware.
Memakan SDM dengan pekerjaan yang berulang dan tidak membutuhkan keahlian tinggi. Proses kerja lebih kompleks dan membutuhkan keahlian tinggi namun tidak memakan terlalu banyak SDM bahkan tidak perlu sama sekali, cukup serahkan pada ISP yang menyediakan layanan VDC.
3. Jaringan
Harus menyediakan high-end Firewall untuk memproteksi seluruh server fisik. Hanya perlu menyediakan Firewall sesuai kebutuhan VM sehingga biaya lebih rendah.
Sama dengan Firewall, Load Balancer juga bersifat tersentralisasi sehingga membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Load Balancer terdistribusi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
4. Disaster Recovery
DR harus diimplementasi per aplikasi sehingga setiap aplikasi memiliki sistem DR nya sendiri. Hanya memerlukan satu sistem DR untuk semua aplikasi dan biasanya sudah disediakan oleh platform VDC.
Laporan dan dokumentasi DR dibuat secara manual dan sangat sulit memastikan implementasi yang dilakukan pada data center sesuai dengan dokumen yang dibuat. Laporan dan dokumentasi dihasilkan secara otomatis step-by-step berikut catatan waktu tanpa intervensi manusia.
5. Tim Infrastruktur
Membutuhkan sumber daya IT yang relatif besar dikarenakan proses kerja yang kompleks dan terbagi-bagi seperti misalnya : bagian DR, Windows, Linux, storage, network dll. Sumber daya IT yang dibutuhkan lebih sedikit namun membutuhkan skill yang tinggi.

Setelah memahami karakteristik kedua jenis data center, maka dapat kita katakan bahwa penggunaan VDC jauh lebih menguntungkan karena lebih hemat biaya, waktu, maupun SDM. Selain itu dengan menggunakan teknologi Cloud, seluruh sistem dapat dikonfigurasi dan diakses dengan lebih mudah dan fleksibel.

D~NET Cloudware menghadirkan layanan VDC yang praktis, dengan jaringan yang privat dan aman, konfigurasi server yang mudah dan fleksibel, serta menggunakan sistem autoscale yang menjamin Anda hanya perlu membayar biaya sesuai dengan yang Anda gunakan. Selain memiliki biaya bulanan yang terjangkau, layanan D~NET juga menjamin keamanan server Anda dengan penggunaan seluruh infrastruktur terbaik dan penyimpanan pada Data Center terbaik dan teraman di Indonesia. Segera hubungi kami di 031-548 0500 atau email ke hello@dnetprovider.id untuk berlangganan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *