Inilah Cara Amankan Bisnis Dari Segala Bencana Part 2

Setelah memahami pentingnya Disaster Recovery Planning pada artikel sebelumnya, berikut ini akan diulas mengenai langkah selanjutnya untuk menjalankan Disaster Recovery Planning.

4. Menentukan lokasi pemulihan
Lokasi pemulihan atau recovery site merupakan tempat dimana sistem pengganti dijalankan pada saat disaster recovery. Dalam kondisi ini, data center awal tidak lagi digunakan sebagai tempat penyimpanan utama akibat tidak dapat diakses sehingga sistem dialihkan ke lokasi lain. Recovery Site dibagi menjadi 3 bagian yaitu :

  • Cold Site yaitu lokasi yang dapat digunakan oleh karyawan pada saat situasi darurat. Pada cold site tidak terdapat hardware, software, ataupun data.
  • Warm Site yaitu lokasi yang dapat langsung terhubung dengan data center sehingga dapat langsung melakukan replika data namun membutuhkan waktu yang lama karena harus melakukan instalasi software terlebih dahulu
  • Hot Site yaitu lokasi yang hampir sama dengan warm site, hanya saja hot site dapat melakukan replika data dengan cepat.

5. Menentukan metode pengaksesan dan pemulihan data
Pada tahap ini perusahaan akan mennetukan metode yang digunakan untuk mengakses data dan aplikasi pada data center utama. Metode ini kemudian akan didokumentasi secara lebih detail seperti bagaimana data akan dikembalikan setelah data center utama dapat diakses kembali dan lain sebagainya.

6. Uji coba Disaster Recover Plan
Setelah perusahaan Anda membuat perencanaan secara menyeluruh, kali ini saatnya Anda menuji coba rencana yang telah Anda buat. Langkah ini dilakukan sebagai tes nyata untuk mempersiapkan para karyawan dalam menghadapi stuasi darudat. Setelah dilakukan uji coba, selanjutnya adalah menyempurnakan rencana yang ada dari hasil uji coba yang dilakukan.

Nah begitulah langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam mempersiapkan dan menjalankan Disaster Recovery Plan. Jangan biarkan bisnis Anda yang berharga hancur hanya dalam satu malam akibat bencana yang bisa datang kapan saja.

D~NET, sebagai partner terpercaya untuk solusi bisnis perusahaan Anda menawarkan jawaban untuk kebutuhan Disaster Recovery Planning pada bisnis.
Dengan menyediakan layanan DraaS (Disaster Recovery as a Service) Cloudware Disaster Recovery, D~NET mampu memberikan perlindungan kepada bisnis Anda saat terjadi situasi darurat dan bencana. Cloudware Disaster Recovery memberikan dua tipe layanan yaitu Hot Site dan Warm Site yang mampu melakukan replika data dengan waktu relatif cepat dan mudah.

Selain dapat menjaga bisnis Anda tetap berjalan dalam situasi apapun, lokasi data center Cloudware terletak pada Elitery Bogor yang merupakan data center pertama yang mendapatkan sertifikasi TIER III di ASEAN serta telah disetujui oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga aman untuk digunakan untuk menyimpan data sensitif seperti data keuangan dan sebagainya. Teknologi yang digunakan terjamin yaitu dengan Teknologi Anydata Acronis yang menjamin Anda mendapatkan kemudahan dan kenyamanan terbaik dalam sistem disaster recovery.

Segera amankan bisnis Anda dengan menghubungi Business Solution Manager kami di 031-548 0500 atau email ke hello@dnetprovider.id untuk informasi lebih lanjut atau berlangganan. Baca lebih lanjut mengenai D~NET Cloudware di website kami www.dnetprovider.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *