Cloud Computing: Pilihan Pintar untuk Perlindungan Data Anda Part 2

Setelah kita pelajari tipe cloud computing PaaS dan SaaS pada artikel sebelumnya. Berikut akan dijelaskan mengenai cloud computing jenis IaaS.

3. Infrastucture as a Service (IaaS)
Layanan yang menyediakan infrastruktur IT (komputasi, storage, memory, network, dan sebagainya). Besarnya unit komputasi (CPU), penyimpanan data (storage), memory (RAM), bandwidth, dan konfigurasi lainnya dapat disesuaikan dengan permintaan. Pengguna juga diperkenanan menyewa infrastruktur IT seperti server dengan sistem pay as you go yang berarti pengguna dapat mematikan server saat tidak dibutuhkan dan tidak perlu membayar ketika server dalam keadaan tidak aktif. Dengan IaaS pengguna tidak perlu membeli koputer fisik, dan konfigurasi komputer virtual tersebut dapat dirubah (menambah / mengurangi jumlah server) dengan mudah.

 

Dengan cloud computing, pengguna cukup membuka browser, masuk, menyesuaikan aplikasi, dan mulai menggunakannya dan pengguna tidak perlu mengelola perangkat keras dan perangkat lunak. Selain itu, berbagai keuntungan juga diberikan dengan menggunakan cloud Computing :

  1. Mudah beradaptasi
    Cloud computing memungkinkan adanya program dan aplikasi yang dapat disesuaikan, sekaligus memungkinkan pengguna untuk mengendalikan kode inti.
  2. Multi-tenancy
    Perangkat lunak Cloud memberikan kesempatan untuk menyediakan aplikasi dan portal pribadi kepada sejumlah pelanggan atau penyewa.
  3. Handal
    Karena dihost oleh pihak ketiga, bisnis dan pengguna lain memiliki jaminan yang lebih besar, dan bila ada masalah, diberikan akses yang mudah ke dukungan pelanggan.
  4. Skalabilitas
    Dengan hal Internet, sangat penting bahwa perangkat lunak berfungsi di setiap perangkat dan terintegrasi dengan aplikasi lain. Aplikasi cloud bisa menyediakan ini.
  5. Aman
    Komputasi awan juga dapat menjamin lingkungan yang lebih aman, berkat peningkatan sumber daya untuk keamanan dan pemusatan data.

Banyak perusahaan telah semua jenis aplikasi dengan teknologi ini seperti manajemen hubungan pelanggan (CRM), SDM, akuntansi, dan banyak lagi. Selain itu, lupakan dana besar untuk membangun aplikasi bisnis sendiri. Dengan cloud computing, pengguna hanya membayar untuk apa yang pengguna butuhkan, upgrade otomatis, dan mempermudah scalability.

D~NET selalu ingin memberikan solusi terbaik bagi bisnis Anda melalui layanan yang kami berikan. Dengan mengadopsi teknologi cloud computing Iaas, D~NET kini menghadirkan layanan terbarunya yaitu Cloudware. Sebuah solusi perlindungan atas seluruh data penting perusahaan Anda yang sangat berharga bagi bisnis Anda. Layanan Cloudware tersedia dalam dua jenis layanan mutakhir yaitu Cloudware Backup Data dan Cloudware Disaster Recovery. Cloudware memberikan jaminan asuransi terhadap data Anda serta telah diakui dan didukung oleh Teknologi AnyData Acronis dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *