Cloud Computing: Pilihan Pintar untuk Perlindungan Data Anda

Teknologi saat ini bukan lagi suatu hal yang eksklusif tapi merupakan sebuah kebutuhan terutama dalam dunia bisnis. Banyak ide yang dimunculkan dalam usaha pengembangan bisnis dan peningkatan penjualan yang dapat dituangkan dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini.

Sejak tahun 2013, sudah marak digunakannya aplikasi bisnis yang digunakan untuk menunjang penjualan dan operasional bisnis lainnya. Namun, tidak semua perusahaan memiliki cukup sumber daya untuk membangun aplikasi bisnisnya sendiri. Tidak hanya membutuhkan tim IT yang ahli dan profesional untuk mengelolanya tapi juga dibutuhkan data center khusus, listrik, sistem pendinginan, server, bandwidth, jaringan dan penyimpanan yang membutuhkan dana yang sangat besar. Selain itu, waktu dan proses yang dibutuhkan untuk pengembangan, pengujian, staging, produksi dan failover sangatlah panjang.

Sebagai tambahan dari sumber daya yang sudah sangat kompleks, ketika terdeteksi masalah, perusahaan harus repot menelepon dukungan teknis yang terkadang malah menyalahkan pihak lain. Apabila ada update pada salah satu software maka harus dilakukan upgrade yang dapat mengakibatkan seluruh sistem down.

Cloud computing adalah solusi yang lebih baik bagi perusahaan untuk membangun aplikasi bisnis yang aman dan handal. Komputasi awan merupakan kombinasi pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Pada teknologi komputasi berbasis awan semua data berada dan disimpan di server internet, begitu juga dengan aplikasi ataupun software yang dibutuhkan pengguna semuanya berada di komputer server sehingga kita tidak perlu melakukan instalasi pada server. Untuk menggunkannya pengguna harus terhubung ke internet agar dapat mengakses dan menjalankan aplikasi yang berada di server tersebut. Hal ini berarti pengguna bisa saja hanya menyediakan komputer dan jaringan internet tanpa harus mengeluarkan dana untuk server, tempat penyimpanan, listrik dalam jumlah besar dan lain – lain.

Cloud computing dibagi menjadi tiga menurut jenis layanannya yaitu :
1. Software as a Service (SaaS)
Saas adalah layanan dimana kita hanya perlu menggunakan software (perangkat lunak) yang telah disediakan. Kita cukup tahu bahwa perangkat lunak bisa berjalan dan bisa digunakan dengan baik. Contoh: Layanan email untuk bisnis (D~NET DREAMS, Gmail for Business, Outlook for Business), layanan aplikasi bisnis (Office 365, Google Doc, Sales Force), layanan komunikasi bisnis (Skype, Slack), social network, instant messaging, dsb.

2. Platform as a Service (PaaS)
Tidak semua pengembang software memiliki kemampuan untuk mengoperasikan dan mengelola server. Layanan PaaS menyediakan tempat (server) untuk menjalankan aplikasi yang dibuat oleh pengguna. Penyediaan yang diberikan dapat berbentuk sistem operasi, database engine, framework aplikasi, network, dan lain – lain yang merupakan platform untuk membuat aplikasi. Pengguna hanya perlu berfokus pada pengembangan software atau aplikasi tanpa perlu repot melakukan maintenance dan menyiapkan infrastruktur server.

Pelajari Cloud Computing lebih lanjut di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *