Memilih Layanan Cloud yang Tepat

Setelah memahami apa itu Cloud Computing, langkah selanjutnya adalah memahami bagaimana cara menerapkannya. Sudah saatnya Anda mengeksplor, apakah bisnis Anda membutuhkan Cloud Computing ? Haruskan Anda mengelola server Anda sendiri ? Dan apabila Anda ingin menggunakan Cloud Computing, layanan manakah yang tepat bagi Anda ? Apakah SaaS, Paas, Iaas, atau mungkin kombinasi dari ketiganya ?

Untuk memulai dan memilih metode Cloud Computing yang tepat bagi bisnis, Anda harus memahami kebutuhan bisnis Anda terlebih dahulu. Jangan terlalu khawatir mengenai pengkategorian SaaS, PaaS, or IaaS, namun mulailah dari kebutuhan Anda dan kemudian carilah solusi layanan cloud yang paling tepat yang dapat membantu kebutuhan bisnis Anda.

Sebagai contoh, apabila bisnis Anda menggunakan email dan perusahaan Anda memiliki server email sendiri, Anda harus memahami apakah email server sudah berjalan efisien. Apakah masih banyak Spam ? Atau apakah terdapat kesalahan pengaturan dalam email server ini yang mengakibatkan hilangnya penjualan ? Pengaturan server email yang baik dan benar sangat sulit untuk dilakukan. Memiliki solusi penyimpanan cloud mungkin adalah pilihan terbaik bagi Anda karena penyedia servis cloud yang akan melakukan semuanya. Solusi SaaS seperti layanan D~NET DREAMS akan mengurangi beban bagi Departemen IT dalam mengelola email server dan membiarkan D~NET sebagai penyedia layanan cloud yang memiliki keahlian untuk menanganinya. Yang harus Anda lakukan hanya membayar layanan bulanan atau tahunan.

Contoh lainnya, kebanyakan bisnis membutuhkan backup atau cadangan dari semua data perusahaannya. Yang harus Anda sadari, apakah Anda sudah memiliki sistem backup yang siap menghadapi masalah seperti hilangnya semua data akibat virus atau bencana lainnya? Anda tentu harus mempersiapkan backup data diluar dari kantor Anda. D~NET Cloudware siap memberikan jaminan perlindungan atas data penting perusahaan Anda serta memiliki pusat server di Bogor yang merupakan tempat penyimpanan server terbaik di Indonesia. Hal ini memastikan bahwa data Anda tidak tersimpan dalam satu lokasi lokal kantor Anda saja.

Memilih penyedia layanan yang terbaik bagi bisnis Anda Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk memilih penyedia layanan Cloud Computing yang tepat bagi bisnis Anda:

1. Layanan
Pilihlah penyedia cloud computing yang menyediakan aplikasi atau layanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, jika Anda membutuhkan aplikasi Akutansi, maka jangan memilih Google cloud, tetapi pilihlah Quickbooks yang menyediakannya.

2. Keahlian
Apakah tim IT siap untuk menangani layanan Cloud? Untuk tipe layanan Iaas, Sistem Operasi Linux biasa digunakan dan memakan biaya yang lebih sedikit dibandingkan Windows. Anda harus memastikan bahwa tim IT anda menguasai Sistem Operasi tersebut.

3. Dukungan
Penyedia Cloud yang populer terkadang tidak memiliki dukungan lokal. Hal ini memungkinkan terjadinya komunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Pastikan bahwa hal ini tidak akan menjadi masalah dalam prosesnya.

4. Keamanan dan Privasi
Beberapa data penting dan rahasia mungkin diharuskan untuk disimpan di dalam premis perusahaan dan bukan di cloud atau munking adanya peraturan hukum yang menyebutkan bahwa data tersebut tidak boleh disimpan di luar negri dan lain-lain.

5. Biaya
Perusahaan penyedia cloud menawarkan harga yang kompetitif, namun struktur biaya bisa jadi sangat kompleks. Sebagai contoh, Amazon S3 sebagai layanan penyedia penyimpanan data, selain mengenakan biaya tempat penyimpanan data, Amazon juga mengenakan biaya traffic data. Pastikan Anda selalu memperhatikan harga atau gunakan aplikasi kalkulator milik penyedia layanan untuk memperkirakan jumlah biaya yang dibutuhkan.

Pada akhirnya, internet yang handal adalah sebuah keharusan apabila Anda menggunakan layanan Cloud. D~NET sebagai ISP yang berfokus pada pelanggan memiliki sistem yang bersahabat dengan Cloud. D~NET memiliki ping time yang bagus ke penyedia layanan Cloud utama. Selain itu, D~NET memiliki redundansi jaringan upstream untuk memastikan uptime yang handal bagi pelanggan kami. Pelajari lebih lanjut mengenai berbagai layanan kami di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *