Benarkah Cuaca Buruk Pengaruhi Koneksi Wirelessmu ?

Memasuki musim hujan tentu Anda harus sudah siap dengan konsekuensinya. Jalanan yang lebih macet, banjir, susahnya mencari transportasi online dan repotnya membawa payung atau jas hujan kemana-mana. Tahukah Anda, cuaca yang buruk seperti hujan ini juga mempengaruhi koneksi internet Anda ?

Keadaan cuaca tidak bagus atau extreme dapat berdampak terhadap kecepatan atau akses internet. Selain itu keadaan cuaca yang tidak di inginkan juga dapat menghambat frekuensi gelombang radio yang digunakan untuk transaksi data dan akses internet. Hal ini diakibatkan karena gelombang atau signal yang dipancarkan mendapat hambatan dari suatu materi dalam hal ini yang dimaksud adalah butiran air hujan.

Saat hujan turun, gelombang yang ditembakkan oleh pemancar wireless akan membentur butiran hujan tersebut sehingga kemudian akan memantul ke arah lain. Akibatnya, kualitas sinyal yang diterima akan menurun dan gelombang yang seharusnya ditembakkan dengan tepat sasaran menjadi kacau dan terbelok-belok.

Selain pengaruh benturan dengan butiran hujan, kondisi angin kencang juga dapat menjadikan koneksi internet seketika menjadi lambat karena arah angin yang tidak beraturan yang memungkinkan pergeseran antena atau gangguan lainnya.

Bagaimana D~NET Mengatasi Koneksi Buruk Akibat Cuaca ?

Apabila Anda merupakan pelanggan setia D~NET, Anda tidak perlu khawatir akan gangguan koneksi akibat cuaca yang tidak menentu saat ini. Dengan perhitungan yang matang dan pemeliharaan yang mantap dari tim profesional, D~NET selalu melakukan peningkatan pada layanannya agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya selama 24 jam 7 hari seminggu.

Pada umumnya penyedia internet lainnya masih menggunakan Antena SISO (Single Input, Single Output) dimana mereka hanya menggunakan antena tunggal di pengirim dan antena tunggal lainnya di tujuan. Ketika suatu gelombang elektromagnetik dihalangi sesuatu seperti bukit; jurang curam; bangunan; dan dalam hal ini butiran hujan, maka gelombang akan terpantul, dan dengan begitu gelombang RF akan mengambil alur lain untuk sampai ke tujuan (Receiver). Terjadinya gelombang yang terhalang tadi menyebabkan masalah cut-out yang mengganggu kualitas internet.

Oleh karena itu, untuk menanggulangi intervensi cuaca terhadap koneksi Wireless, D~NET menggunakan Smart Antenna dengan teknologi MIMO (Multiple Input, Multiple Output) yang tahan dan tidak akan terpengaruh oleh cuaca buruk maupun hujan. MIMO menggunakan sistem dengan antena lebih dari satu untuk penerima dan pengirimnya (diversity). Tidak seperti sistem antena konvensional SISO yang sangat rentan dengan multipath, sistem MIMO justru sangat baik untuk meningkatkan data rate dalam range yang lebih besar tanpa membutuhkan bandwidth atau daya yang lebih besar.

Selain spesifikasi perangkat yang baik dengan penggunaan antena MIMO yang tidak terpengaruh oleh hujan, D~NET juga menggunakan frekuensi gelombang radio sebesar 5 GHz dimana frekuensi ini termasuk sangat tinggi dan tidak akan terpengaruh faktor cuaca buruk sekalipun.

D~NET memiliki rangkaian layanan yang mutakhir dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis skala besar hingga kecil Anda. Pelajari tentang layanan kami lebih lanjut di sini .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *