Sudah Maksimalkah Strategi Marketing Anda ? Part 2

Setelah memahami cara awal dalam mewujudkan digital marketing untuk memaksimalkan strategi marketing bisnis Anda dengan website dan media sosial pada artikel sebelumnya. Berikut adalah the next step dalam strategi marketing yang dapat Anda lakukan dengan digital marketing.

3. Online Advertisement
Sadar atau tidak sadar, Anda pasti pernah menemui online advertisement pada saat browing atau menelusuri website sosial media Anda. Keuntungan dari online advertisement adalah khayalak yang terkena terpaan iklan bisnis Anda akan jauh lebih terspesifikasi dan sesuai dengan minat penerima iklan. Sebagai contoh apabila Anda memasang iklan kamera di koran, maka penerima iklan terbatas pada mereka yang berlangganan koran. Apabila anda memasang iklan pada Facebook, hanya dengan Rp. 30.000 saja, iklan Anda akan ditampilkan pada ribuan orang yang memiliki minat terhadap fotografi, seni atau bahkan mereka yang baru-baru ini melihat produk kamera. Anda dapat memasang iklan online ini pada media mainstream seperti Facebook Ads, Youtube, Google Ads dan sebagainya.

4. SEO
Anda pasti sering mendengar tentang SEO (Search Engine Optimization). Untuk membuat website anda menjadi top ranking website dibutuhkan beberapa teknik SEO seperti penggunaan keyword domain, membangun backlink, penggunaan heading, alt dan title tag pada artikel atau gambar yang digunakan dan masih banyak lagi. Apabila website anda menjadi top rank website, tentu pengunjung web anda dapat semaikn meningkat dan perluasan brand awareness dapat terpenuhi.

5. Email Marketing
Email marketing sudah menjadi trend yang menjamur di kalangan bisnis saat ini terutama bisnis yang berbasis e-commerce. Selain menjadi media promosi untuk produk terbaru atau update terbaru bisnis Anda, Email marketing juga digunakan untuk melakukan re-marketing kepada pelanggan untuk kembali mengunjungi situs / bisnis Anda dengan tujuan meningkatkan returning customer dan membentuk loyal customer. Apabila Anda ingin mendapatkan fasilitas ini, Anda dapat menemukan informasinya di sini.

6. WiFi Monetizing
Teknik ini biasanya digunakan pada bisnis di bidang hospitality seperti hotel, cafe, restaurant, rumah sakit, atau bahkan saat mengadakan event temporer di tempat umum. Untuk melakukan WiFi Monetizing, Anda cukup menyediakan koneksi WiFi di tempat Anda dan apabila ada pengunjung yang ingin menggunakan koneksi tersebut mereka akan diminta untuk login menggunakan social media baik Facebook, Twitter atau pun dengan email. Data ini kemudian dapat digunakan sebagai record dimana kita dapat mengetahui demografi pengunjung dan dapat mengenali profil pengunjung Anda serta membuat program promosi ataupun iklan yang lebih efisien dan efektif serta mengena kepada pengunjung bisnis Anda. Promosi ini selanjutnya dapat Anda publikasikan kepada pelanggan dengan menggunakan email marketing. Tertarik dengan cara ini ? Baca selengkapnya di sini.

7. Blog
Blog biasanya dapat berdiri sendiri atau dapat menjadi suatu bagian dari website bisnis Anda. Goal dari blog sendiri dapat beragam, bisa untuk memberikan edukasi, memberikan informasi produk Anda, mengulas produk, atau tempat pelanggan berinteraksi dengan perusahaan Anda. Blog juga dapat memberikan sumbangsih untuk meningkatkan SEO website bisnis Anda. Anda dapat memasukkan keyword di dalam artikel-artikel Anda dengan beberapa kata kunci pendek tersebut yang sebelumnya telah diriset menggunakan Google Keyword Planner. Selain untuk media promosi, blog dapat menjadi nilai tambah bisnis Anda kepada pelanggan Anda.

8. Mobile Apps
Fenomena smartphone saat ini semakin menjamur secara global di Indonesia. Hal ini disertai dengan perkembangan aplikasi yang semakin pesat mulai dari aplikasi olahraga, diet, online shopping, sampai aplikasi untuk anak-anak juga turut meramaikan pasar digital di Indonesia. Berdasarkan customer statistic of mobile apps in the global market, Apple Apps Store memiliki lebih dari 2 juta aplikasi didalamnya sementara Google Play memiliki lebih dari 2,2 juta aplikasi. Menurut penelitian oleh University of Alabama, saat ini rata-rata pengguna mobile apps, memiliki kebiasaan untuk  menggunakan aplikasi lebih dari 30 jam dalam seminggu, yang dimana 46% diantaranya adalah aplikasi berbayar. Fakta ini memberikan peluang bisnis untuk dapat mengembangkan brandnya dan meningkatkan pemasarannya melalui pembuatan mobile app bagi pelanggannya.

Semoga Bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *