Cari Tahu 8 Trend Marketing Tahun Ini !

8 Trend Marketing

Keberhasilan sebuah bisnis tidak akan bisa lepas dari cara perusahaan tersebut memanajemen bisnis serta merepresentasikan brandnya. Selain teknik manajemen bisnis dan brand yang tepat, dibutuhkan pula dukungan berbagai manuver marketing yang sesuai trendnya agar sasaran semakin tepat dan penjualan pun meningkat.

Nah kali ini kita akan membahas apa saja sih trend marketing yang sedang in saat ini. Yuk cari tahu !

  1. Millennial to Gen Z
    Nah kalau beberapa tahun kemarin banyak brand yang berfokus menyasar generasi millennials, kali ini kita harus mulai memikirkan bagaimana kita harus mendekatkan diri ke generasi Z yang notabene sudah mencapai umur yang cukup untuk menentukan brand apa yang ingin mereka konsumsi. Hasil riset mengatakan bahwa 85% dari kaum Gen Z mencari tahu mengenai sebuah brand melalui sosial media. Hal ini menunjukkan betapa besarnya power yang dimiliki sosmed terhadap keputusan pembelian mereka. Selain itu, 32% dari mereka menghabiskan waktunya untuk melihat video online paling tidak 1 jam dalam sehari (sumber: sproutsocial.com). Nah, dari sini sudah terlihat bukan apa yang Anda harus lakukan untuk meraih perhatian para generasi Z ?
  2. Telling your Stories
    Siapa dari Anda yang masih menggunakan social media hanya untuk menambahkan channel yang mengarahkan pelanggan untuk mengunjungi website bisnis Anda ? Saat ini penggunaan sosial media jauh lebih luas dari hanya sekedar hal ini saja namun juga dapat digunakan untuk menceritakan mengenai siapakah suatu brand tersebut. Tak hanya sekadar visi dan misi perusahaan, namun Anda juga dapat menceritakan mengenai prinsip apa yang brand Anda percayai, sikap apa yang Anda miliki mengenai suatu fenomena dan lain sebagainya. Bahkan, tak jarang banyak brand yang memiliki medianya sendiri seperti majalah, channel youtube dan lain lain agar pelanggan Anda merasa lebih dekat dengan brand Anda.
  3. Satisfy your Customers, not Algorithm
    Banyak brand yang meributkan bagaimana cara untuk dapat berada pada top search Google atau mendapatkan engangement yang tinggi pada sosial media seperti Facebook, Instagram dll. Daripada Anda sibuk memusingkan bagaimana cara untuk mengalahkan algoritma ini dan mencapai pada puncak pencarian, sebaiknya Anda lebih memfokuskan diri pada konten yang Anda berikan kepada pelanggan Anda. Karena pada dasarnya algoritma ini melacak kesesuaian kata kunci yang dicari oleh pelanggan Anda dan dari histori pencarian pelanggan, sehingga Anda tidak perlu menggunakan puluhan hashtag pada suatu post untuk mendapatkan banyak engagement. Apabila konten Anda telah sesuai dengan apa yang dicari pelanggan, maka dengan sendirinya brand Anda akan muncul di hasil pencarian teratas.
    8 Trend Marketing
  4. Educate, not Only Sales
    Bagi bisnis Anda yang menjual kebutuhan pokok seperti makanan, pakaian, dan kebutuhan umum sehari-hari, mungkin Anda masih dapat menjual produk secara hard selling dengan mudah. Namun jika Anda menjual produk sekunder seperti misalnya alat olahraga, alat kesehatan, atau kebutuhan minor lainnya, maka Anda perlu memberikan edukasi kepada pelanggan Anda. Rajin-rajinlah memberikan informasi terkait dengan kegunaan dan keuntungan dari produk / jasa yang Anda jual dan mengapa pelanggan Anda membutuhkan produk / jasa Anda. Media sosial atau blog merupakan media yang cocok untuk memberikan tips-tips yang berguna dan edukatif bagi pelanggang Anda.
  5. Utilizing Social Media
    Pada kenyataannya, pelanggan menyukai dan menghargai adanya transparansi dari sebuah perusahaan. Dalam hal ini, selain memberikan update informasi mengenai perusahaan atau mempromosikan produk, sosial media juga dapat digunakan untuk menampilkan transparasi dari perusahaan Anda. Contohnya, Anda bisa memberikan klarifikasi perusahaan terkait isu tertentu atau menanggapi complain yang ditujukan pada sosial media, dan lain sebagainya.
  6. Live Videos
    Maraknya fitur Live Streaming Video pada berbagai platform sosial media saat ini dapat menjadi salah satu media yang dapat dipergunakan untuk perusahaan Anda dalam berinteraksi dengan pelanggan. Kelebihan Live Video itu sendiri adalah sifatnya yang real time dan dua arah sehingga memungkinkan adanya interaksi pelanggan dengan cepat dan juga seringkali menarik di mata pelanggan.
  7. Artificial Intelligence
    Artificial Intelligence (AI) yang saat ini sedang booming juga dapat Anda manfaatkan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan Anda. Salah satu hal yang dapat Anda adopsi adalah dengan chat bot yang bisa diterapkan pada live chat di website bisnis Anda dan pada sosial media seperti Facebook. Dengan menggunakan chat bot, maka pelanggan bisa mendapatkan informasi umum dengan lebih cepat tanpa harus menunggu divisi customer service Anda yang mungkin sedang melayani pelanggan lain.
  8. Brand Community
    Untuk membentuk loyalitas yang solid antara pelanggan dengan produk / layanan Anda, Anda dapat membuat sebuah komunitas pelanggan seperti misalnya yang sering ditemui adalah komunitas otomotif berdasarkan jenis / merk kendaraan tertentu. Selain dapat memperkuat brand, Anda juga dapat memberikan pengalaman tersendiri kepada pelanggan Anda.

Nah itu dia berbagai trend marketing yang dapat Anda adopsi untuk bisnis Anda. Namun, tidak semua trend ini cocok untuk berbagai variasi bisnis, dan Anda tidak perlu merasa tertekan untuk mengikuti semua trend di atas. Silahkan Anda telaah dan pelajari lebih lanjut trend mana saja yang cocok dan tepat bagi bisnis dan target market Anda. Selamat Mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *