Waspadai Serangan KRACK, D~NET Amankan Bisnis Anda

Bagi Anda pengamat dan penggemar update IT, pasti Anda sudah mendengar wabah KRACK (Key Reinstallation Attack) yang sedang melanda keamanan kebanyakan perangkat koneksi WiFi saat ini. Serangan KRACK ini menggunakan kelemahan protokol WPA2 (Wireless Protected Access II), yang digunakan untuk mengamankan semua jaringan WiFi modern. Masalah yang menyerang protokol fundamental pada perangkat WiFi ini sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar.

Kelemahan pada sistem enkripsi WPA2 ini dapat dimanfaatkan oleh hacker yang berada pada jangkauan WiFI sehingga hacker dapat mengakses, membaca, bahkan memodifikasi data username dan password pada koneksi WiFi Anda. Dalam kondisi ekstrimnya, kelemahan ini bisa juga digunakan untuk menyuntikkan virus seperti malware atau ransomware ke dalam situs web. Selain itu, hal ini memungkinkan hacker untuk mencuri informasi sensitif seperti nomor kartu kredit, kata sandi, pesan obrolan, email, foto, dan sebagainya. Serangan ini tidak terbatas kepada lingkungan rumah saja tapi juga telah menyerang jaringan perusahaan dan organisasi penting lainnya.

Bagaimana cara kerja KRACK ?
KRACK dilakukan dengan menyalahgunakan alur perancangan dan implementasi protokol kriptografi dengan meng- install ulang kode yang sudah digunakan dalam ‘4-way handshake’ yang digunakan untuk menghasilkan session key baru.

Cara ini digunakan untuk menipu korban agar melakukan install ulang lalu lintas kode pengaman WPA2 dengan memanipulasi dan mengulang pesan cryptographic handshake. Dengan metode ini, hacker dapat mengatur ulang kode parameter awal yang ada.

Lalu, bagaimana agar perangkat WiFi aman dari serangan KRACK ? D~NET sebagai penyedia layanan internet yang handal dan berkualitas punya solusinya ! Untuk selalu menjaga kenyamanan pelanggan dalam beraktivitas, D~NET selalu melakukan upgrade dan maintenance yang berguna untuk meningkatkan kemanan dan kualitas layanan kami.Dalam penanggulangan serangan KRACK, D~NET telah melakukan proses upgrade firmware pada seluruh perangkat jaringan Wireless D~NET untuk mengamankan data dan layanan pelanggan.

Di samping upaya upgrade firmware ini, pengguna juga disarankan untuk selalu waspada terhadap serangan hacker dengan melihat simbol gembok di browser pelanggan, atau penambahan huruf di akhir bagian http seperti ‘https’ dari alamat web, sebelum membagikan informasi pribadi atau keuangan.

Semoga Bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *