4 Cara Maksimalkan Potensi VPS Anda

4 Cara Maksimalkan Potensi VPS Anda

Apabila bisnis Anda saat ini sudah menggunakan layanan VPS (Virtual Private Server), Anda tentu sudah merasakan kemudahan dalam mengelola sistem Anda dengan teknologi cloud. Seiring dengan berkembangnya situs atau bisnis Anda, tentu semakin dibutuhkan layanan VPS yang lebih handal. Walaupun Anda bisa saja telah merasa VPS yang Anda gunakan sudah lancar dan puas, kali ini D~NET ingin memberikan kiat untuk semakin mengoptimalkan kinerja VPS Anda.

1. Mengkonfigurasi Pengaturan VPS
Untuk mengoptimalkan VPS hal yang pertama kali dilakukan adalah memperhatikan pengaturan VPS. Seringkali pengaturan ‘default’ dari penyedia layanan VPS bukanlah pengaturan yang terbaik bagi Anda. Komponen pertama yang perlu dikonfigurasi adalah webserver seperti Apache atau NGINX. Apache ini sediri dapat menjadi pengonsumsi sumber daya server terbesar jika tidak dikonfigurasi dengan benar. Pengaturan yang dapat dikonfigurasi ulang adalah seperti KeepAlive, MaxClients, StartServers, dan MaxRequestsPerChild, agar dapat menyediakan server dengan kinerja lebih baik.

Selain itu ada pula konfigurasi terhadap server lain yang perlu diperhatikan seperti database, email service, dan aplikasi yang ada di dalamnya dsb. Hal ini dapat meningkatkan kinerja kecepatan hosting dan menurunkan load server.

2. Jaga Keamanan Dengan Update MySQL
Memperbaharui MySQL itu sendiri merupakan proses yang sulit dan membutuhkan keahlian. Namun, menjaga MySQL tetap pada versi yang paling up-to-date merupakan sebuah langkah yang vital untuk meningkatkan kinerja dan keamaanan VPS. Anda tidak akan menerima perbaharuaan keamanan lagi pada versi MySQL yang lama seperti v.4.0/v4.1 atau v.5.0/v.5.1 yang tentu akan beresiko pada bisnis Anda.

4 Cara Maksimalkan Potensi VPS Anda

3. Menerapkan Cache pada Konten
Pada tahap pengembangan dan pengaturan berbagai aplikasi situs, satu hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja VPS Anda adalah dengan memanfaatkan caching. Dengan mengatur obyek penyimpanan pada chace atau RAM, Anda dapat mempercepat proses dan mengurangi latensi melalui penyimpanan sementara atas data yang sering diakses. Jangan lupa untuk melakukan pengecilan atau mengompresi gambar agar menjadi lebih ringan. Berulang kali meminta file statis dapat memperlambat dan memakan sumber daya Anda, tetapi dengan melakukan caching data ke RAM, maka segalanya dapat dipercepat.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan optimasi konten dengan mengurangi javascript agar pemuatan laman menjadi semakin cepat. Anda juga dapat mengurangi tampilan plugginPlugginyang terlalu banyak pada suatu CMS dapat membebani kinerja situs Anda.

4. Menggunakan Teknologi Content Delivery Network (CDN)
Apabila jarak browser end user dari server Anda semakin jauh, maka semakin lama waktu yang diperlukan untuk mengirimkan konten Anda. Teknologi distribusi CDN dapat mempersingkat ruang antara pengunjung situs dan server Anda dengan menyimpan konten statis di lokasi-lokasi di seluruh dunia, dimana hal ini memungkinkan pengiriman konten yang lebih cepat dan kinerja yang lebih baik dengan mengurangi latensi.

Segera periksa pengaturan pada VPS Anda dan pahami solusi-solusi di atas untuk mengoptimalkan kinerja VPS. Untuk solusi VPS dan VDC yang praktis, handal dan terjamin, D~NET Cloudware adalah pilihan terbaik bagi Anda ! Untuk berlangganan segera hubungi kami di 031- 548 0500 atau email ke hello@dnetprovider.id dan kunjungi website kami di dnetprovider.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *