Maksimalkan Sinyal WiFi Dengan Cara Ini !

Maksimalkan Sinyal WiFi Dengan Cara Ini !

Anda menggunakan Router WiFi pada rumah atau kantor Anda ? Pernahkah Anda merasa koneksi yang Anda terima tidak sesuai dengan yang seharusnya dan bahkan pada titik lokasi tertentu sinyal WiFi tidak dapat terhubung ? Yuk simak tips-tips berikut untuk meningkatkan performa router termasuk cara memperkuat dan memperluas jangkauan sinyal WiFi Anda !

1. Letakkan Router/AP dan modem pada posisi strategis.

Secara praktik, penempatan Router dan AP yang paling strategis adalah pada posisi di tengah rumah/ kantor Anda. Kebanyakan orang menaruhnya pada titik terdekat dengan jalur internet masuk atau di belakang kabinet TV agar tidak terlalu banyak kabel menjuntai dan menganggu estetika ruangan, namun posisi untuk mendapatkan sinyal terbaik adalah pada tengah ruangan, jauh dari dinding atau partisi yang dapat menghalangi pemancaran sinyal. Anda juga bisa mencoba memasang AP / Router pada dinding / plafon ruangan dengan posisi antena tegak lurus karena dengan posisi yang lebih tinggi, sinyal AP dipercaya dapat menyebar lebih merata ke seluruh sudut ruangan.

2. Cegah interferensi pada perangkat wireless.

Selain adanya router lain , perangkat lain yang beroperasi pada frekuensi yang sama dapat mengganggu kinerja sebuah router seperti misalnya telepon tanpa kabel, microwave, dan perangkat wireless elektronik lainnya. Hal-hal ini dapat menghalangi PC/gadget Anda untuk menerima sinyal internet akibat noise yang dihasilkan. Selain itu, beberapa Access Point/ Router tidak dapat menembus dinding, kaca, lantai, maupun logam sehingga dapat mengganggu sinyal internet Anda.

3. Mengganti antena router.

Kebanyakan antena bawaan dari vendor bersifat Omnidirectional, dimana sinyal disiarkan ke segala arah di sekitar access point. Jika posisi access point Anda berada di dekat dinding / partisi, maka dipastikan Anda tidak akan menerima sinyal yang dipancarkan dengan maksimal. Oleh karena itu, Anda bisa mencari alternatif dengan mengganti antena yang dapat memancarkan sinyal ke satu arah yang paling dibutuhkan dalam suatu ruangan.

4. Tambahkan wireless repeater.

Wireless repeater dapat digunakan untuk memperluas jangkauan jaringan wireless Anda tanpa menggunakan kabel. Caranya adalah menempatkan w_ireless adapter_ di antara router / access point anda dan komputer Anda untuk memperkuat serta memperluas sinyal Anda hingga ke . Apabila Anda tidak mau membeli perangkat tambahan Anda dapat menggunakan perangkat router wireless lama dengan menggunakan firmware DD-WRT walaupun performanya tidak akan semaksimal dibandingkan menggunakan perangkat wireless extender. Anda juga dapat menghubungkan satu router ke router lain dengan kabel ethernet yang berfungsi sebagai Access point tambahan bagi rumah atau kantor Anda.

5. Ubah dan sesuaikanlah channel wireless Anda.

Sama halnya dengan stasiun TV/radio yang menggunakan channel berbeda-beda untuk menyiarkan kontennya, wireless router / access point juga menggunakan berbagai frekuensi channel. Sinyal router dari tetangga atau lokasi di sekitar Anda bisa saja mengganggu Anda, oleh karena itu perlu bagi Anda untuk menganalisa channel-channel yang digunakan di sekitar tempat anda, untuk menemukan channel yang paling tepat untuk Anda gunakan.

Maksimalkan Sinyal WiFi Dengan Cara Ini !

6. Update firmware perangkat wireless Anda.

Langkah ini dapat berdampak pada kinerja perangkat WiFi Anda secara signifikan. Untuk mendapatkan update firmware terbaru, Anda dapat langusng mengunduhnya pada situs web produsen router / access point yang Anda gunakan. Selain itu, Anda juga perlu melakukan updatesecara berkala pada driver yang Anda gunakan baik pada OS Windows, iOS dan lain-lain.

7. Menjadwalkan Auto-Reboot pada router.

Apabila router Anda memerlukan proses reboot dengan frekuensi yang cukup sering agar sinyal yang dipancarkan stabil, maka ada baiknya Anda menetapkan pengaturan auto– reboot, misalnya sekali per hari, dengan menggunakan DD-WRT atau dengan menggunakan stop kontak timer. Untuk mengatasi masalah selanjutnya Anda harus mencari tahu penyebabnya apakah diakibatkan karena kelebihan panas, firmware lawas atau karena download berlebih.

8. Tingkatkan keamanan jaringan WiFi Anda.

Untuk mencegah hacker atau pihak lain untuk menggunakan WiFi Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan cloaking yaitu dengan menyembunyikan SSID. Dengan melakukan hal ini, maka pengguna harus melakukan input SSID secara manual sebelum dapat menggunakan sehingga mengurangi resiko penggunaan WiFi oleh pihak lain. Selain itu, Anda juga dapat mengganti username dan password secara berkala untuk menghindari hacker dan mengaktifkan kode proteksi WPA2 untuk meningkatkan keamanan WiFi Anda.

9. Kontrol aplikasi yang menghabiskan bandwidth.

Apabila di lokasi Anda ada satu anggota yang sering menggunakan video callonline gamesdownload file besar atau layanan streaming yang menghabiskan bandwidth, maka akan mengganggu pengguna lain. Alternatif yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan layanan QoS (Quality of Service) pada router Anda yang dapat memprioritaskan aplikasi tertentu yang lebih penting.

10. DIY cara meningkatkan jangkauan WiFi.

Selain dengan cara-cara di atas, Anda dapat menggunakan trik DIY unik untuk memperluas jangkauan WiFi Anda dengan menggunakan kaleng minuman bekas. Walaupun pengaruhnya tidak terlalu signifikan namun cara ini menarik untuk di coba. Ingin tahu caranya ? Anda bisa mengikuti tutorialnya di sini.

Nah sepuluh cara ini boleh dicoba untuk meningkatkan kekuatan sinyal WiFi Anda. Selamat Mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *