Cari Tahu Perbedaan Internet Broadband vs Dedicated

Cari Tahu Perbedaan Internet Broadband vs Dedicated

Saat ini kita hidup pada era teknologi yang terus bergerak dengan cepat seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi dan masyarakat pada umumnya. Koneksi internet bukan lagi barang mewah dan sudah menjadi makanan sehari-hari kita. Dalam dunia bisnis, internet sudah menjadi pokok kebutuhan pada hampir seluruh bidang mulai dari perdagangan, manufaktur dan sebagainya.

Ada dua jenis koneksi internet yang saat ini banyak dikenal yaitu sharing bandwidth atau broadband dan koneksi inernet dedicated. Banyak dari kita yang masih mengangkat alis mendengar kata internet dedicated yang diikuti dengan harga yang relatif lebih tinggi dibanding broadband. Sebenarnya, apa sih perbedaan internet Broadband dan Dedicated ?

Pada koneksi broadband, kecepatan yang Anda dapatkan tidak akan selalu konstan dengan angka yang tertera pada brosur dikarenakan sifat broadband itu sendiri yatiu sharing bandwidth. Artinya bandwidth yang didistribusikan akan digunakan bersamaan dengan pelanggan lainnya atau yang sering dikenal dengan contention ratio sehingga jarang terjadi Anda akan mendapatkan kecepatan maksimal yang dijanjikan. Akibatnya kecepatan internet juga menjadi fluktuatif dan tidak terjamin.

Selain itu, kebanyakan koneksi broadband pada umumnya, kecepatan bandwidth antara download dan upload tidak seimbang. Katakanlah Anda berlangganan broadband 10 Mbps, maka bisa saja Anda mendapatkan kecepatan download sebesar 5 Mbps dan upload sebesar 1 Mbps

Cari Tahu Perbedaan Internet Broadband vs Dedicated

Berbeda halnya dengan koneksi Broadband, koneksi Dedicated menawarkan kualitas layanan yang lebih baik dengan jaminan yang signifikan. Berikut ini adalah sifat-sifat dari Internet Dedicated

  • Ratio 1:1 
    Pernahkah Anda menemui dimana hasil speedtest menunjukkan angka yang besar namun kenyataan koneksi Anda lambat ? Hal ini dikarenakan bandwidth yang ditampilkan merupakan bandwidth ketika mengakses backbone ISP sehingga angka yang ditampilkan pada speedtest bukan sepenuhnya yang Anda dapatkan pada network. Berbeda dengan broadband yang menekankan penggunaan kata ‘hingga’, koneksi dedicated memberikan jaminan bahwa Anda akan selalu mendapatkan bandwidth sesuai dengan besar paket berlangganan Anda selama 24 jam penuh.
  • Bandwidth Simetris 
    Dedicated internet menawarkan bandwidth simetris yang menjamin kecepatan download dan upload Anda setara dan sesuai dengan paket berlangganan Anda. Contohnya Anda berlangganan paket internet dedicated sebesar 5 Mbps, maka secara konstan Anda akan selalu mendapatkan kecepatan upload 5 Mbps dan donwload sebesar 5 Mbps.
  • Jaminan SLA 
    Pada Umumnya apabila Anda menggunakan koneksi dedicated, maka Anda akan mendapatkan jaminan SLA (Service Level Agreement) seperti kuota waktu down, latensi dan sebagainya yang semakin menjamin ketersediaan koneksi internet Anda. Kompensasi yang ditawarkan apabila SLA tidak dipenuhi dapat bervariasi seperti misalnya pengembalian sebagaian biaya langganan.
  • Backup Upstream 
    Tidak semua ISP menyediakan fasilitas ini. Namun D~NET menawarkan backup memberikan jaminan backup upstream hingga 100% bandwidth untuk memastikan bahwa bisnis Anda akan tetap terkoneksi dengan internet selama 24 jam penuh walaupun kondisi link utama sedang mengalami gangguan.
  • After Sales Handal 
    Selain support 24 jam seperti yang banyak ditemui pada ISP lainnya, D~NET menawarkan fasilitas Customer Relationshio Management untuk membantu Anda dalam berbagai kebutuhan terkait layanan. Diberikan pula fitur Dashboard untuk pemantauan layanan secara realtime dan mudah, serta sistem monitoring handal untuk deteksi dini gangguan.

Temukan berbagai keunggulan Internet Dedicated Connectivity D~NET lainnya dengan mengunjungi website www.dnetprovider.id atau hubungi kami di line telepon 031-548 0500 sekarang !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *