Benarkah Fiber Optic Lebih Baik Dibandingkan Wireless ?

Benarkah Fiber Optic Lebih Baik Dibandingkan Wireless ?

Percaya atau tidak, faktanya masih banyak orang beranggapan bahwa koneksi internet fiber optik jauh lebih baik dan lebih stabil dibandingkan dengan menggunakan teknologi Wireless. Apakah anggapan ini benar atau hanya opini semata ? Yuk cari tahu !

FO sendiri terbuat dari benang tipis dan fleksibel yang terbuat dari kaca atau plastik yang digunakan untuk mentransfer informasi. Jaringan FIber Optic memungkinkan transmisi data melalui jarak yang lebih jauh daripada kabel logam, kebal terhadap interferensi elektromagnetik, dan beroperasi pada bandwidth yang lebih tinggi.

Namun, terlepas dari kemampuannya untuk menyalurkan bandwidth yang besar, teknologi FO juga memiliki beberapa kelemahan yaitu :

  • Proses pemasangan lebih rumit dan memakan waktu serta biaya lebih. Selain itu, kecepatan data juga dapat terbatas tergantung pada penempatan fisik kabel.
  • Kabel FO dapat terdegradasi, terpotong dan terkena faktor lainnya serta membutuhkan perawatan lebih. Ketika hal ini terjadi, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengidentifikasi titik permasalahan dan menggantinya hal ini cukup mengganggu apabila koneksi digunakan untuk bisnis.
  • Tingkat latensi pengiriman data / komunikasi lebih tinggi dibandingkan Wireless yang merupakan hal yang cukup krusial bagi bisnis seperti perbankan atau bursa efek dimana keterlambatan 1 detik saja dapat mengakibatkan kerugian besar.

Selain itu, FO bukan satu-satunya cara untuk mengirim informasi dengan kecepatan tinggi, misalnya hingga 1 Gbps. Ada bentuk transfer data lain yang lebih umum yaitu melalui komunikasi gelombang mikro, suatu proses yang sering dikenal sebagai Fixed wireless.

Karena pengiriman informasi menggunakan spektrum radio gelombang mikro, maka pemasangan wireless bergantung pada koneksi line-of-sight yang memang berpotensi menjadi masalah namun alat yang digunakan relatif kecil dan proses instalasi jauh lebih cepat dibandingkan FO. Selain itu,penggunaan Wireless juga jauh lebih efektif untuk menjangkau beberapa daerah yang sulit dicapai oleh FO seperti pegunungan, area terpencil dll.

Benarkah Fiber Optic Lebih Baik Dibandingkan Wireless ?

Berikut ini adalah berbagai keunggulan teknologi Wireless dibandingkan FO :

  1. Latensi Rendah 
    Dibandingkan dengan FO yang harus melakukan perjalanan melalui banyak titik untuk menyelesaikan siklus komunikasi, jaringan nirkabel menyediakan komunikasi yang lebih cepat dan minim latensi.
  2. Keandalan dan pemeliharaan mudah 
    Wireless menawarkan titik layanan Internet point to point yang lebih handal dibandingkan dengan serat optik yang dapat terganggu akibat pekerjaan lain seperti kabel terpotong dll. Selain itu pemeliharaan jaringan serat optik memakan waktu dan membutuhkan tenaga lebih dibandingkan dengan pemeliharaan titik-titik wireless.
  3. Waktu instalasi dan biaya 
    Proses pemasangan jaringan serat optik sangat memakan waktu hingga berbulan-bulan dan biaya yang relatif lebih mahal dibandingkan pemasangan nirkabel yang mudah dan cepat, hanya memakan waktu dalam hitungan hari/minggu.
  4. Terpercaya 
    Banyak perusahaan yang menggunakan FO namun juga masih menggunakan wireless sebagai cadangan. Hal ini membuktikan bahwa Wireless lebih dapat diandalkan. Selain itu dengan perangkat berteknologi MIMO, koneksi wireless Anda tidak akan terganggu oleh cuaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *