Hindari Blacklist, Jaga Sender Score Anda Sejak Dini !

Hindari Blacklist, Jaga Sender Score Anda Sejak Dini !

Siapa sih yang ingin masuk di daftar blacklist ? Mendengarnya saja kita pasti sudah merasa khawatir apabila kita terdaftar dalam sebuah blacklist, entah apapun itu. Nah sekarang ada lagi daftar blacklist yang harus Anda hindari apabila bisnis Anda memiliki dan mengelola email domain sendiri.

Blacklist yang dimaksud adalah daftar domain dan alamat IP yang dikenal sebagai sumber spam. Apabila Anda masuk di dalam daftar ini, maka sudah dapat dipastikan bahwa terdapat kerusakan pada reputasi server pengiriman email Anda. Untuk dapat melepaskan diri dari daftar hitam ini, tentu membutuhkan waktu dan upaya yang tidak mudah.

Reputasi pengiriman sendiri erat kaitannya dengan yang disebut sebagai Sender Score. Sender Score ini merupakan sebuah algoritma yang menghitung nilai setiap alamat IP outgoing mail server dengan skala 0-100. Apabila Anda memiliki nilai sender score di bawah 70 biasanya berarti bahwa setiap email yang berasal dari alamat IP yang melekat pada sender score tersebut mengalami penyaringan email secara agresif.

Hindari Blacklist, Jaga Sender Score Anda Sejak Dini !

Tak hanya perlu memperhatikan Sender Score, Anda juga harus melakukan diagnostik pada filter email untuk membuat strategi email yang sesuai dan tepat. Diagnostik ini dilakukan karena setiap penyedia layanan email memiliki cara yang berbeda dalam menyaring pesan yang masuk. Nilai tinggi pada Sender Score Anda bukan berarti pesan Anda tidak perlu melewati proses penyaringan yang tinggi.

Apabila bisnis Anda menggunakan email marketing dengan frekuensi yang cukup sering, satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga kualitas sender score adalah dengan mencegah pengiriman email dengan kuantitas tinggi pada suatu waktu yang bersamaan. Usahakan Anda mengirimkan email marketing secara bertahap atau dengan menggunakan sistem throttling. Langkah ini dilakukan guna menghindari identitas ‘spammer’ melekat pada domain Anda.

Selain itu, untuk menjaga reputasi domain, Anda dapat memantau dengan menghitung Sender Score secara berkala. Saat ini banyak perusahaan yang menyediakan jasa untuk menghitung Sender Score domain Anda. Namun, hal ini tentu dapat menambah rumitnya kinerja IT Anda. Dengan DREAMS Anda telah disajikan Sender Score yang Anda miliki secara langsung, gratis dan mudah dipantau kapan saja. Anda tidak perlu lagi khawatir nilai domain Anda seketika anjlok tanpa sepengetahuan Anda dengan pemantauan berkala yang mudah dengan DREAMS.

Jaga reputasi email Anda dengan solusi Messaging berkualitas DREAMS dari D~NET. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website kami di www.dnetprovider.id atau hubungi kami di 031-5480500 atau email ke hello@dnetprovider.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *