Biaya Lebih Hemat dengan Sistem Autoscale, Mau Coba?

Pernah bingung menentukan kapasitas server untuk website / aplikasi digital bisnis Anda ? Khawatir kapasitas yang Anda sediakan ternyata tidak memadai dan membuat web/aplikasi Anda crash dan mengakibatkan kerugian pada bisnis Anda ? Mau tahu cara yang praktis untuk mengatasinya ?

D~NET Cloudware VDC kali ini memperkenalkan metode Autoscale yaitu penskalaan otomatis yang dilakukan dengan meningkatkan atau menurunkan jumlah sumber daya komputasi yang dialokasikan ke web / aplikasi Anda berdasarkan kebutuhannya pada waktu tertentu secara otomatis. Metode ini juga merupakan teknik perencanaan kapasitas yang dapat mengurangi eror dari permintaan lalu lintas yang tidak diketahui dan meminimalkan ketidakefisienan dengan mengaktifkan suatu komponen ketika diperlukan dan menghentikannya ketika tidak diperlukan.

Pada sistem hosting / server tradisional, kinerja Anda dibatasi oleh sumber daya perangkat keras Anda. Setelah sumber daya dan kapasitas server telah digunakan maksimal, maka situs / aplikasi Anda akan mengalami kendala seperti misalnya waktu pemuatan menjadi lebih lambat, macet, eror dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan mengurangi reputasi bisnis Anda dan bahkan dapat menggagalkan revenue potensial.

Saat ini kebanyakan dari kita membagi menjadi 2 cara untuk mengatur hosting atau server secara tradisional. Opsi pertama yaitu menyediakan kapasitas server yang besar sehingga aplikasi selalu memiliki kapasitas yang cukup untuk memenuhi permintaan. Namun, ketika space tersebut tidak digunakan dalam kesehariannya, maka biaya yang dikeluarkan menjadi tidak efisien.

Sebaliknya pada opsi kedua sebagian orang hanya akan menyiapkan kapasitas yang cukup untuk menampung rata-rata jumlah permintaan situs / aplikasi. Namun, apabila suatu waktu permintaan meningkat dan overload, maka pelanggan Anda akan mendapatkan pengalaman yang buruk saat mengakses situs bisnis Anda dan memperburuk reputasi bisnis.

Dengan Auto Scaling, Anda kini bisa mendapatkan opsi ketiga dimana sistem akan secara otomatis menaikkan atau menurunkan kapasitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda dalam jangka panjang.

Dari pembahasan di atas, maka dapat kita simpulkan keuntungan sistem Autoscale meliputi :

1. Mampu mendukung jumlah pemuatan atau kompleksitas proses dalam website / aplikasi yang tidak menentu.
Setiap kali situs / aplikasi Anda membutuhkan sumber daya server tambahan untuk menangani semburan tiba-tiba atau lonjakan lalu lintas, sistem Autoscale dapat menanganinya dengan lebih baik dibanding server/hosting konvensional.

2. Biaya yang lebih Hemat.
Auto Scaling dapat secara dinamis meningkatkan dan menurunkan kapasitas sesuai kebutuhan Anda sehingga Anda dapat mengurangi biaya bulanan secara signifikan.

Ingin website atau aplikasi Anda lebih baik dengan Autoscale atau ingin biaya lebih hemat dan ringan dengan VDC ? Segera langganan D~NET Cloudware VDC sekarang juga dengan menghubungi kami di 031 – 548 0500, atau email ke hello@dnetprovider.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *